Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sekda Kab Sukabumi , Jamkesda Harus Bisa Dinikmati Oleh Seluruh Masyarakat Yang Tidak Mampu

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27846.jpg

    KABSUKABUMI- Jamkesda merupakan program jaminan bantuan pembayaran biaya pelayanan kesehatan apapun. Program ini harus menyatu (terintregasi) ke dalam Jaminan Kesehatan, sebagaimana tertuang dalam UU Sistem Jaminan Sosial Nasional Nomor 40 tahun 2004. Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Drs.H. Iyos Somantri .M.Si ketika membuka secara resmi Rapat Kordinasi Jaminan Kesehatan Daerah dan JKN Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2018.bertempat di Hotel Pangrango , Rabu(07/03).

    Dikatakan Sekda, bahwa Jaminan Kesehatan Daerah yang di atur oleh Peraturan Bupati nomor 22 tahun 2017 adalah program bantuan pelayanan kesehatan masyarakat miskin dengan sumber biaya dari pemerintah, dengan tujuan meningkatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat miskin yang tidak termasuk dalam kuota JKN atau belum memiliki jaminan kesehatan ke sarana pelayanan kesehatan dan rujukan.

    Lebih Lanjut, upaya Pengintregasian Jamkesda ke JKN sudah di lakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi sejak tahun 2016. Secara bertahap peserta JAMKESDA sudah di intregasikan ke BPJS kesehatan sebanyak 63.030 jiwa ,dari jumlah penduduk 2.523.997 jiwa yang sudah di intregasikan ke BPJS kesehatan 1.694. 309 jiwa , jadi sisa yang belum diintregasikan sebanyak 829,683 jiwa, tapi itu merupakan penduduk secara keseluruhan , bukan hanya penduduk miskin.

    “ Sangat jelas, disini memerlukan kerja sama yang baik diantara pemangku kebijakan , masyarakat dan pihak provider dalam hal ini BPJS Kesehatan” Terang Sekda

    Selanjutnya Sekda berharap, pengintregasian manajemen pengelolaan yang tepat dapat mencegah terjadinya Tumpang tindih (Overlapping ) wewenang dan tanggung jawab baik pada pemerintah Pusat , daerah maupun BPJS. Namun isu lain yang perlu di perhatikan dalam pengintregrasian sistem JAMKESDA ke dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN ) adalah paket manfaat.

    “ Sehingga harus dipikirkan apakah dengan pengintegrasian ini akan bisa mengatasi semua permasalahan kesehatan di Kabupaten Sukabumi karena kesehatan harus bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat yang tidak mampu” Ungkap Sekda

    Sementara itu dr.H.Asep Suherman mengatakan bahwa kegiatan ini di ikuti oleh 30 peserta OPD yang terkait, baik lintas sector maupun lintas program, adapun outcome yang di harapkan adalah tim jamkesda mengetahui tentang pelaksanaan intregasi KIS-PBI daerah program JKN , serta permasalahan yang terkait dengan kepersertaan , pelayanan dan pembiayaan serta adanya kesepakatan bersama OPD untuk di ambil kebijakan atau pemecahan masalah tahun 2018.

    Hadir pada kesempatan tersebut Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi , Assda I bidang PEMSOS , Kepala Dinas Kesehatan Kab Sukabumi , Para Kepala OPD Lingkup Kab Sukabumi , Kepala BPJS Kesehatan Sukabumi , Para Direktur Rumah Sakit dan tamu undangan lainnya 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus