Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bencana Alam Sepanjang Januari–Februari Cukup Tinggi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27848.jpg

    BANDUNG–Sepanjang bulan Januari hingga Februari, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Badan Geologi Kementerian ESDM mencatat ratusan korban manusia dan ribuan harta benda hilang dan rusak akibat bencana alam.

    Kepala Badan Geologi Rudy Suhendar menyebutkan ada tiga peristiwa alam yang paling banyak menyebabkan korban yakni erupsi gunung api, gempa bumi, dan gerakan tanah atau longsor. Namun korban jiwa terbanyak akibat bencana longsor.

    Badan Geologi mencatat bencana gempa bumi mencapai 434 kejadian dimana telah menyebabkan kerusakan bangunan sebanyak 2.858 buah. Lalu bencana erupsi gunung api, dari 69 gunung api yang diamati, ada empat yang saat ini masih erupsi diantaranya Gunung Agung di Bali dan Gunung Sinabung. Bencana ini menyebabkan 56.207 jiwa mengungsi dari tempat tinggalnya.

    “Longsor paling banyak memakan korban jiwa, selama Januari hingga Februari korban jiwa tercatat mencapai 54 orang. Sementara sekitar 4.500 mengungsi,” jelasnya.

    Longsor tercatat ada 252 kejadian, sementara di wilayah Jawa Barat tercatat ada 84 titik kejadian longsor.

    Ia mengatakan Badan Geologi telah melakukan kegiatan tanggap darurat terhadap lokasi-lokasi bencana untuk melakukan pemeriksaan dan mitigasi bencana agar dampaknya tidak meluas.

    “Kami sudah buat rekomendasi kepada pemerintah melalui peta rawan bencana alam, kepada masyarakat juga terus sosialisasikan cara menanggapi bencana alam,” tutupnya. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus