Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sekda Kab. Sukabumi “ Bukan Hanya Diri Tetapi Lingkungan Harus Bersih ”

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27871.jpg

    KABUPATEN SUKABUMI-Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas lingkungan Hidup (DLH) menggelar kegiatan bersih-bersih Pantai Citepus dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2018  di Pantai Wisata Citepus Palabuhanratu Yang di hadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi (SEKDA) H. Iyos Somantri. Jum’at ( 9/3).

    Dalam sambutannya, Sekda menerangkan bahwa kegiatan HPSN jangan hanya sebatas seremonial semata, tetapi harus dimaknai lebih dalam sehingga mampu meningkatkan kolaborasi semua pihak guna mewujudkan Indonesia terbebas dari sampah, sesuai dengan tema HPSN tahun 2018 yakni “ Sayangi Bumi, Bersihkan Dari sampah ”.

    “ Kita ingin memerangi sampah, peduli sampah dalam rangka peringatan HPSN 2018 dan bahkan tidak hanya pada hari ini saja tetapi tiap hari kita harus peduli terhadap sampah karena jika sampah di biarkan maka akan memberatkan kondisi lingkungan dunia menjadi kotor ” jelas sekda

    Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Sukabumi berupaya keras agar permasalahan sampah terus bisa diatasi dengan membentuk Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perkimsih yang salah satu tugas nya adalah untuk meningkatkan kebersihan lingkungan agar dapat dikelola dengan baik.

    “ Apalah arti Pemerintah membuat dua Dinas tersebut kalau masyarakat tidak ikut berperan aktif karena itu perlu sinergitas perlu kerjasama yang baik antara Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat yang ada” ujar sekda

    Sekda pun mengajak kepada seluruh komponen masyarakat agar terus menjaga kebersihan.

    “ Bersih itu adalah kebutuhan, saya kira kita setiap hari terus membersihkan diri tetapi Lingkunganpun harus kita bersihkan setiap hari, yu kita sama-sama perangi sampah dengan baik dan tingkatkan rasa kenyamanan dan keamanan di lingkungan kita” ajaknya

    Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi Ir. Abdul kodir selaku Ketua Penyelenggara menjelaskan bahwa tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini yaitu merupakan rangkaian kegiatan dalam tiga bulan bersih sampah (TBBS) yang dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia sejak tanggal 21 Januari sampai dengan 21 April 2018.

    ” Kegiatan ini Juga merupakan rangkaian kegiatan dalam memepringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 yang dilaksanakan ditingkat Kabupaten Sukabumi” jelasnya

    Abdul kodir pun menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan bersih-bersih Pantai Citepus ini diikuti oleh berbagai Perwakilan Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Sukabumi, Perwakilan Sekolah yang ada di Wilayah Kota Palabuhanratu, LSM, Ormas, Para Pemilik Rumah Makan, Pedagang dan Masyarakat yang akan melaksanakan bersih-bersih sampah di Kota Palabuhanratu dalam mewujudkan Kota Palabuhanratu yang bersih dan teduh.

    Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan Rompi kepada 15 orang anggota Patroli Sungai yang di berikan secara simbolis oleh Sekda kepada 2 orang perwakilan.

    Terpantau di lokasi, puluhan masyarakat, kalangan Pelajar, pasukan kuning (tim kebersihan kabupaten sukabumi), perwakilan Ormas, Pemilik Rumah Makan, Pedagang beserta jajaran Perangkat Daerah Pemkab Sukabumi bersama-sama membersihkan dan memungut sampah di sekitaran Wilayah Pesisir Pantai Citepus.

    Namun ada hal yang menarik dalam kegiatan tersebut, Sekda secara langsung mencoba mengendarai Kendaraan Pengangkut Sampah Beko Loder Dinas Perkimsih Kabupaten Sukabumi.

    Sesuai acara berlangsung, Sekda langsung melanjutkan memantau beberapa titik tempat yang di sinyalir masih kurang dalam penanganganan kebersihan yang diantaranya yaitu di kawasan Pantai Sukawayana, Terminal Palabuhanratu dan Tempat Pengolahan Sampah Pasar Palabuhanratu.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus