Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Baru 75 Persen UPZ OPD Garut Setor ke BAZNAS

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27936.jpg
    Hingga kini baru 75% UPZ (Unit Pengumpul Zakat) OPD telah menyetorkan ke BAZNAS Kabupaten Garut.

    Menurutnya, zakat yang dikumpulkan di masing-masing UPZ OPD adalah sebagai bentuk implementasi dari Undang-Undang Nomor 23 tahuin 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

    Berdasarkan data Laporan ZIS (Zakat Infaq Shodaqoh) UPZ OPD yang dikeluarkan BAZNAS Kabupaten Garut, pada Februari 2018, dari 32 UPZ OPD,  sekitar 9 UPZ OPD belum menyetorkan zakat. Hingga Bulan Februari ini, telah terkumpul dari UPZ OPD sebesar Rp. 209.635.837,-.

    Menurut Wakil Bidang Pengumpulan BAZNAS Kabupaten Garut  Abdulllah Ependi, potensi zakat di Garut diperkirakan mencapai Rp 2 miliar per bulan, itu pun bila berasal zakat penghasilan kalangan PNS, tenaga pendidik TAK, SD dan Guru SMP, belum termasuk zakat ASN dari kemenag. Jadi, bila ditargetkan bisa mencapai Rp 2,5 milyar. Jika potensi tersebut digali maksimal, yakin dana ZIS bisa menjadi sumber alternatif pembangunan daerah

    Kabupaten Garut sendiri telah melahirkan payung hukum pengelolaan dana zakat atas inisiatif DPRD Kab. Garut dengan terbitnya Perda Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pengelolaan Zakat. Perda tersebut lebih dulu terbit sebelum Undang-Undang Nomor 23 Thaun 2011 tentang Pengelolaan Zakat disyahkan. Perda itu kemudian diperbarui dengan disyahkannya Perda Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Zakat.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus