Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kemenristekdikti Luncurkan SPADA-IdREN di Bandung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28150.jpg

    BANDUNG - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meluncurkan program yang dapat menjadi wadah kolaborasi antar perguruan tinggi dalam kegiatan pembelajaran (daring), penelitian, dan pemanfaatan bersama sumber daya maupun konten dengan nama  Reasearch Education Network (ldREN).

    Program ini diluncurkan oleh Menristekdikti Mohamad Nasir bertepatan pada puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional , Rabu (2/5) di Excecutive Lounge Gedung Rektorat Unpad, Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung, yang juga dihadiri Rektor Unpad, Rektor ITB, Unpad, UPI, ISBII Unsil dan Unsika, pimpinan di Iingkungan Kopertis IV Jawa Barat serta pimpinan di Iingkungan Unpad .

    Mohamad Nasir mengatakan tingginya kebutuhan pertukaran informasi, terutama penelitian bersama pada kalangan akademisi di perguruan tinggi memerlukan wadah tunggal yang tepat. 

    "IdREN merupakan jaringan yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan kegiatan-kegiatan di pendidikan tinggi khususnya riset dan kolaborasi riset internasional melalui jalur privat yang terhubung ke global REN (Research Education Network)," ujarnya.

    Pemanfaatan jaringan ini, tidak hanya diperuntukkan perguruan tinggi saja, mengingat tujuan REN, maka ldREN terbuka untuk kegiatan pendidikan dan riset, oleh lembaga-lembaga terkait dengan sumber daya pendidikan dan riset. Saat ini sedang dilaksanakan koneksi akses jaringan dan integrasi layanan yang dimungkinkan ke lembaga nasional, seperti Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Lembaga llmu Pengetahuan Indonesia. 

    Kemenristekdikti mendorong perguruan tinggi untuk menerapkan secara lebih inovatif tentang sistem pembelajaran daring atau SPADA, guna meningkatkan akses, relevansi, mutu dan daya saing pendidiKan tinggi yang adaptif terhadap perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di era disrupsi ini.

    Program SPADA-ldREN merupakan bentuk penerapan pendidikan digital menggunakan, sistem pembelajaran daring (SPADA) difasilitasi oleh jejaring pendidikan dan riset nasional berbasis teknologi (ldREN), yang menghubungkan perguruan tinggi dan lembaga riset nasional dan internasional. 

    "Penerapannnya harus tetap menjamin mutu pendidikan tinggi yang meliputi mutu konten, mutu proses belajar, mutu evaluasi mutu sistem teknologi dan mutu dosen/instruktur serta mutu lulusan (outcome)," tambahnya. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus