Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kodam III Siliwangi Jaga Perbatasan RI-Malaysia

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28340.jpg

    BANDUNG,- Kodam III/Siliwangi kembali memberangkatkan prajurit-prajurit terbaiknya yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 320/Badak Putih di Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara.

    Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurcahyanto melepas  keberangkatan 450 personil Satgas Yonif 320/Badak Putih dalam menjaga beranda  depan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diperbatasan RI-Malaysia. 

    Nurcahyanto mengatakan Satgas Pamtas Yonif 320/BP akan melaksanakan tugas pengamanan perbatasan selama lebih kurang 8 bulan untuk menggantikan satgas  terdahulu Yonif 123/Rajawali Kodam I/Bukit Barisan yang telah tiba masanya untuk dirotasi.

    "Satgas Yonif 320/BP sebelumnya sudah pernah tugas operasi dan berhasil mendapatkan penghargaan dari Panglima TNI, diharapkan pada kesempatan ini juga dapat menunjukkan prestasi yang sama bahkan lebih," katanya, Jumat (25/5/2018)

    Sebelum berangkat tugas ke daerah operasi, Satgas Pamtas Yonif 320/BP sudah dapat pembekalan dengan melaksanakan latihan pratugas, diharapkan juga dapat membekali seluruh prajurit dalam melaksanakan tugas pamtas RI-Malaysia.

    Selanjutnya, dipastikan bagi prajurit yang akan melaksanakan tugas Operasi Pamtas akan tetap melaksanakan ibadah puasa di daerah perbatasan dan sangat dimungkinkan akan melaksanakan lebaran didaerah perbatasan, namun hal ini merupakan konsekwensi tugas prajurit dalam mengamankan perbatasan NKRI, serta tetap melaksanakan tugas dan panggilan tugas prajurit meskipun jauh dari keluarga saat melaksanakan  Hari Raya Lebaran.

    "Karena pengamanan perbatasan darat menjadi salah satu tugas TNI AD sesuai dengan amanah UU TNI No. 34 Tahun 2004,"ujarnya

    Melaksanakan tugas operasi merupakan salah satu kebanggaan bagi setiap prajurit karena tugas operasi akan memberikan nilai lebih, selain itu tugas operasi akan mendewasakan diri dan memberikan pengalaman yang tiada terkira.

    Keberhasilan dalam tugas operasi pamtas akan berdampak positif pada upaya menjaga keutuhan NKRI, selain itu untuk menumbuhkan kepercayaan rakyat terhadap kredibilitas TNI sebagai institusi pertahanan negara.

    Kasdam tegaskan menegaskan setiap Komandan dalam satgas memiliki wewenang dan tanggung jawab yang besar, oleh karena itu harus dapat memimpin dan membawa anggotanya dengan baik agar pada pelaksanaannya dapat memimpin dan melaksanakan tugas dengan baik pula.

    "Keberhasilan dalam tugas sekaligus akan meningkatkan Citra Yonif 320/BP dan  Kodam III/Siliwangi sebagai salah satu satuan terpercaya di jajaran TNI AD," pungkasnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus