Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Menumbuhkan Kesalehan Sosial Sejak Usia Dini

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28377.jpg

    BANDUNG - Memasuki bulan suci Ramadhan banyak kegiatan sekolah yang melibatkan para siswanya untuk saling berbagi dengan sesama. Salah satunya Darul Hikam Integrated School (DHIS) Primary yang memiliki rangkaian kegiatan Ramadan 1439 H/2018. 

    Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan DHIS Primary Anita Rahayu mengatakan berbagai kegiatan yang digelar meliputi pengumpulan barang bekas layak pakai, infaq sembako, lomba parcel paket Ramadhan dan Bazar murah.

    Tujuan kegiatan ini menumbuhkan rasa sosial di kalangan para siswa. Selain itu, memberikan kesan positif bagi siswa salam pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadan.

    Dia mengungkapkan untuk kegiatan pengumpulan barang bekas terdiri dari pakaian anak-anak hingga dewasa. Meakipun donasinya dibatasi sampai Rp. 20 ribu tapi tidak jarang para orang tua memberikan donasinya dalam bentuk barang yang baru. 

    Kegiatan rutin yang digelar tiap tahun ini sebelumnya diikuti oleh tingkat SD sampai SMA. Namun, untuk tahun ini karena DHIS Primary menempati lokasi yang baru maka kegiatannya dilakukan secara mandiri. 

    "Sumbangan barang bekas ini akan dibagikan kepada warga masyarakat yang kurang mampu," katanya kepada wartawan di Darul Hikam Integrated School (DHIS) Primary, Bandung, Rabu (30/5/2018)

    Anita mengungkapkan sebelum menjelang Ramadhan sudah dilakukan pengumpulan infak dan sedekah dari para siswa agar lebih optimal karena masa kegiatan belajar dan mengajar hanya sebentar saja. Hasil pengumpulan infak dari para siswa akan dijadikan parcel dan akan dibagikan ke masyarakat yang berada di lingkungan sekitar sekolah. Rencananya ada sekitar 80 bingkisan dan parcel yang akan dibagikan.

    "Pengumpulan barang bekas ini dimulai sejak 7 Mei lalu dan akan akan dibagikan pada 31 Mei," ungkapnya.

    Anita menambahkan ciri khas kegiatan Ramadan di SD Darul hikam ini adalah lomba parcel. Para siswa membuat parcel, kartu ucapan dan dibagikan kepada masyarakat yang berada di lingkungan sekolah. Lomba ini  diikuti oleh siswa kelas I-V dengan satu grup terdiri dari 6-7 orang. 

    "Jadi nanti ada sekitar 10 grup yang akan membuat masing-masing dua parcel sehingga ada 20 parcel yang dilombakan kemudian parcel itu dibagikan ke warga sekitarnya," jelasnya.

    Selain lomba parcel, SD Darul Hikam dalam mengisi kegiatan Ramadhan juga mengadakan story telling. Termasuk kegiatan infak yang dilakukan secara rutin. Bahkan ketika memberikan infak ke setiap kelas ada lagu tersendiri.

    Sedangkan untuk pengumpulan infak dari para siswa, lanjut Anita, akan dialokasikan dalam bentuk paket bingkisan seperti gula, teh, sirup, susu, minyak, mie instan dan sebagainya. 

    "Nanti warga sekitar juga bisa mengambil paket bingkisan ini ke sekolah langsung dengan membawa kupon yang sudah ditentukan," pungkasnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus