Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Unesco Tetapkan GCP Menjadi UGG, Bupati Sukabumi Terima Penghargaan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28432.jpg

    KAB SUKABUM - Kabupaten Sukabumi boleh merasa banga, pasalnya, Geopark Ciletuh Palabuanratu telah di tetapkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco) pada 17 April lalu.

    Syukuran atas penetapan Geopark Ciletuh Palabuanratu menjadi Unesco Global Geopark pun di gelar oleh jajaran Pemerintah Provinsi Jawabarat di Aula Timur Gedung Sate Bandung, minggu (3/06).

    Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung hingga geopark kini di akui secara internasional.

    "Dengan pengakuan ini diharapkan akan dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat di sekitarnya," harap bupati.

    Bupati menambahkan bahwa dengan jarak yang relatif singkat dengan akses jalan baru melalui jalur Palabuanratu - Loji yang dapat ditempuh sekitar 45 menit, pertumbuhan perekonomian masyarakat meningkat yang ditandai dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke dalam kawasan geopak ciletuh palabuan ratu yang rata rata mencapai sekitar 1.500 sampai dengan 3.000 orang datang untuk berkunjung pada setiap minggunya.

    Di tempat yang sama Gubernur Jawabarat Ahmad Heryawan menyatakan bahwa potensi alam, geologi, biologi dan budaya yang dimiliki Jawa Barat sangatlah patut diakui oleh dunia internasional sehingga pada 17 April 2018, pada acara Sidang Executive Unesco ke-204, Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menjadi Unesco Global Geopark untuk periode 17 April 2018 sampai dengan 16 April 2022.

    "Penetapan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu sebagai Unesco Global Geopark ini bukanlah akhir segalanya, melainkan awal kerja keras kita demi mewujudkan cita-cita geopark itu sendiri, yakni melindungi warisan bumi dan menyejahterakan masyarakat lokal," terangnya.

    Menurut Gubernur Unesco Global Geopark berarti memiliki standar dunia. Saat ini masih banyak hal-hal yang perlu diperbaiki/dibenahi untuk mencapai standar tersebut.

    "Tugas dari Badan Pengelola selanjutnya adalah terus mengembangkan kawasan ini agar tetap memiliki standar yang berkelas dunia sesuai dengan 13 rekomendasi yang telah diberikan. Diantara 13 rekomendasi yang dimaksud adalah penyusunan masterplan, perbaikan kualitas infrastuktur dan akses jalan yang merata, penyusunan program pendidikan, pelaksanaan pelatihan untuk warga lokal, pengembangan kerjasama dengan geopark partner, dan pengembangan serta penguatan kerjasama dengan geopark di Indonesia maupun dunia. Ini berarti bahwa untuk kedepannya, Badan Pengelola dan pihak terkait harus terus melaksanakan program-program untuk melengkapi rekomendasi tersebut dan Ini merupakan tanggung jawab kita semua" tambahnya.

    Dalam acara syukuran tersebut Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa barat sebagai tim yang telah berperan aktif dalam proses pencapaian Geopark Ciletuh - Palabuanratu menjadi Unesco Global Geopark.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus