Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    PLTA Cisokan Gunakan Teknologi Terbaru

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28461.jpg

    BANDUNG–Pembangkit listrik Cisokan di Kabupaten Bandung Barat ditargetkan dapat beroperasi tahun 2024 atau 2025 mendatang. Pembangkit listrik menggunakan tenaga air ini menggunakan teknologi terbaru dan pertama yang pernah ada di Indonesia.

    “Teknologinya sudah banyak dipakai di Eropa, tapi di Indonesia yang pertama,” ujar GM PLN Unit Induk Pembangunan (UIP ) Jawa Bagian Tengah (JBT) 1 Ahmad Daryanto Ariyadi kepada wartawan di Bandung, Kamis malam (7/6).

    Ia mengatakan teknologi yang dimaksud tidak menggunakan aliran air yang banyak mengandalkan bendungan atau waduk. Air akan disedot dari bawah menuju ke bagian lebih tinggi, lalu akan dikeluarkan menuju turbin yang ada dibagian lain.

    “Siang kita sedot air, saat malam baru air digelontorkan ke turbin. Sehingga memang pembangkit ini disiapkan untuk keperluan malam, saat beban puncak listrik,” tegasnya.

    Pembangkit ini akan menghasilkan listrik cukup besar yakni 1040 mega watt dengan empat buah turbin pembangkit. Dibangun dengan target 50 bulan sejak konstruksi dilakukan pada tahun depan. Saat ini perusahaan sedang membuat akses jalan menuju ke lokasi utama proyek.

    “Total investasi kita keseluruhan mencapai 800 juta US Dollar,” tuturnya. Selain itu, PLN UIP JBT 1 juga sedang membangun listrik PLTA di Waduk Jatigede. Saat ini menurutnya proyek tersebut sudah mencapai 30 persen dari target pembangunan, dan diperkirakan akan selesai akhir tahun 2019 mendatang. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus