Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    1907 Unit Mobil PLIK Resmi Diluncurkan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/mplik.jpg

    BANDUNG- Pemerintah merespon kian berkembangnya teknologi informasi. Dalam mengikuti trend perkembangan tersebut, pemerintah melalui Kementerian Kominfo meluncurkan unit mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK).

    Kendaraan strategis tersebut, akan disebar di seluruh Kecamatan di Indonesia. Mobil PLIK diluncurkan secara simbolis kepada 6 Provinsi masing-masing : Jabar, Maluku Utara, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jatim dan Sulawesi Utara. Mobil PLIK diresmikan peluncurannya oleh Menteri Kominfo RI, Tifatul Sembiring, bertempat di Halaman Gedung Sate (8/8).

    Tifatul sehubungan dengan peluncuran Mobil PLIK, dalam acara tersebut mengungkapkan diluncurkannya sarana Mobil PLIK merupakan respon pemerintah dalam mengatasi adanya perbedaan dalam mengakses informasi dari pusat dan daerah.

    Diharapkan melalui mobil PLIK, dapat menciptakan pemerataan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang selama ini masih dihadapkan pada persoalan kurangnya memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat dan masih terbatasnya SDM pengelola TIK.

    Kehadiran perkembangan teknologi informasi, merujuk kepada data yang dihimpun world bank telah memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Merujuk kepada data tersebut, kini dengan pertumbuhan teknologi informasi sebesar 10% maka PDB yang dihasilkan mencapai 1,38%.

    Kondisi tersebut, juga terjadi di Indonesia, dimana telekomunikasi telah memberikan share paling tinggi pada perkembangan pertumbuhan ekonomi, yang selanjutnya diikuti oleh sarana transportasi. Dalam tahun 2009 saja, bisnis ICT telah menghasilkan transaksi sebesar Rp.300 triliun.

    Seiring dengan perkembangan tersebut, jumlah pengguna Handphone di Indonesia telah mencapai 200 juta orang, pengguna internet mencapai 45 juta orang dan pengguna sosial media sebanyak 39 juta orang.

    Dengan mempertimbangkan kian berkembang pesatnya teknologi informasi, diyakini  target pertumbuhan ekonomi tahun 2014 sebesar 7% dapat dicapai, mengingat saat ini pertumbuhan ekonomi sudah mencapai 6,4%.

    Tifatul menambahkan, dalam rangka meningkatkan dukungan pengembangan TIK di Indonesia, pemerintah telah membuat beberapa terobosan, diantaranya melalui program desa berdering, untuk program ini sebanyak 32.800 desa telah mendapatkan pelayanan telepon dan diharapkan di tahun 2011 ini, seluruh desa di Indonesia yang jumlahnya mencapai 72.000 desa seluruhnya dapat tersentuh program desa berdering.

    Khusus untuk fasilitasi mobil PLIK, di tahun ini juga diharapkan dapat direalisasikan di seluruh Kecamatan di  Indonesia, yang jumlahnya mencapai 5.748 Kecamatan sehingga melalui sarana ini tak ada lagi kesenjangan digital antara pusat dan daerah. Tentang mobil PLIK, sarana tersebut dilengkapi dengan internet dan telepon yang dikelola oleh pegawai setingkat Kabupaten/Kota. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus