Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    H.Danny Setiawan Meraih Gelar Doktor

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/H.Danny-Setiawan-meraih-gelar-doktor_.jpg

     

    BANDUNG-Drs.H.Danny Sertiawan, MSi, mantan Gubernur Jawa Barat periode 2003-2008, berhasil meraih gelar doktor pada Sidang Promosi Doktor Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (FISIP Unpad), Bandung, yang berlangsung di Aula Gedung Pascasarjana Unpad Bandung, Jalan Bukit Dago Utara No.25, Kota Bandung, Rabu (10/8).
     
    Pada Sidang Promosi Doktor Program Pascasarjana FISIP Unpad yang dipimpin Prof.Dr.Drs.H. Asep Kartiwa, SH, MSi itu, H.Danny Setiawan berhasil mempertahankan disertasinya berjudul Pemberdayaan Desa di Jawa Barat (Studi tentang Pemberdayaan Sumberdaya Manusia, Politik, dan Akses Ekonomi di Empat Desa Swasembada), dengan nilai sangat memuaskan.
     
    Dalam disertasinya tersebut, H. Danny Setiawan yang pada tanggal 28 Agustus 2011 genap berusia 66 tahun itu, mengungkapkan hasil penelitiannya di empat desa di Jawa Barat, yaitu Desa Cilame Kabupaten Bandung Barat, Desa Mandalare Kabupaten Ciamis, Desa Tugu Selatan Kabupaten Bogor dan Desa Panawuan Kabupaten Kuningan.
     
    Keempat desa yang menjadi obyek penelitian ini dipilih karena alasan bahwa dua desa yaitu Cilame dan Tugu Selatan karena dianggap sebagai dua desa yang mobilitas penduduknya tinggi sehingga pengaruh suasana kota cukup terasa. Sedangkan Desa Mandalare dan Panawuan karena dianggap mewakili desa di Jawa Barat yang relative lebih sedikit memperoleh pengaruh suasana kota.
     
    Dari informasi yang didapat di keempat lokasi desa penelitian tersebut, katanya, menunjukkan bahwa pemberdayaan desa yang selama ini dilakukan belum optimal. Hal tersebut disebabkan karena factor kualitas SDM, lembaga politik dan akses ekonomi rendah. Peningkatan kualitas kemampuan politik masyarakat desa dan aksesnya terhadap ekonomi, sangat tergantung pada kualitas peningkatan kapasitas SDM aparat pemerintah dan masyarakat desa.
     
    Danny Setiawan antara lain menyimpulkan, pemberdayaan masyarakat dan pemerintah desa di Jawa Barat dalam pengertian peningkatan kapasitas sumber daya manusia, politik, dan ekonomi, sejak dicanangkannya Program Bantuan Langsung Desa Tahun 1967 hingga Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) sejak tahun 2007, belum berhasil.
     
    Oleh karena itu, dalam disertasinya tersebut, Danny Setiawan antara lain menyarankan agar program pemberdayaan desa dilakukan secara konsisten dan konsekuen dan berkesinambungan serta setiap saat ditingkatkan kualitasnya.
     
    “Sekalipun anggaran dikelola secara mandiri oleh pemerintah pusat atau provinsi sesuai dengan kewenangannya masing-masing, terapi harus melalui jalur lalu lintas dengan Pemerintah Kabupaten. Sedangkan kepala desa harus diposisikan sebagai manajer operasional.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus