Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Untuk Antisipasi Bencana Alam Stok Beras Mencukupi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_1295.jpg

     

    Sehubungan dengan meningkatnya aktivitas gunung api yaitu Gunung Papandayan, pemerintah telah mengantisipasi kejadian yang tidak diharapkan yaitu dengan meningkatkan kewaspadaan terjadinya bencana.
     
    Antisipasi diantaranya dilakukan dengan menyediakan stok kebutuhan pokok masyarakat, termasuk diantaranya beras. Untuk beras sebagai salah satu komoditas strategis untuk mengantisipasi bencana alam khususnya mengantisipasi dampak aktivitas gunung api Papandayan, mencukupi. Hal tersebut mengemuka dalam konpres yang berlangsung di Gudang Bulog Divre Jabar, Senin sore (15/8).
     
    Dalam pertemuan tersebut, Kadis Pertan Jabar, Endang Suhendar memaparkan kendati sarana irigasi yang menunjang proses tanam di areal sawah sebanyak 40% ada dalam keadaan rusak, stok beras sampai posisi September dengan memperhitungkan jumlah penduduk Jabar sebanyak 43 juta jiwa dan kebutuhan beras rata-rata masyarakat Jabar sebesar 105,85 KKAL  per tahun, maka kondisi beras masih ada dalam keadaan surplus sebesar  2.324.329 ton GKG.
     
    Pencapaian produksi padi, dihasilkan dari realisasi tanam dalam tahun ini, dimana terhitung awal tahun 2011 sampai posisi bulan ini jumlah produksi padi yang dihasilkan telah mencapai 10.170.335 ton GKG. Pencapaian produksi padi tersebut, dihasilkan dari areal sawah yang tersebar di seluruh Jabar dengan luas panen seluas 1.706.012 Ha.
     
    Khusus untuk mengantisipasi bencana alam, tambah Endang telah dialokasikan cadangan beras minimal 1,5 juta ton GKG.
    Sementara itu, Kabulog Divre Jabar, Usep Karyana menambahkan untuk mengantisipasi peristiwa bencana alam setiap Kabupaten/Kota di Jabar menyiapkan cadangan beras 100 ton, Provinsi 200 ton dan disiapkan juga cadangan beras daerah sebanyak 400 ton. (Nur).
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus