Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kontes 700 Hewan Ternak Unggulan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28945.jpg

    KOTA TASIKMALAYA - Sebanyak 700 hewan ternak unggulan yang berasal dari berbagai daerah di wilayah Provinsi Jawa Barat diikutkan dalam Kontes Ternak Tingkat Jawa Barat ke-37 Tahun 2018 yang berlangsung di Lapangan Dadaha Jalan Lingkar Dadaha No. 246 Cihideung, Kota Tasikmalaya, mulai hari Rabu (18/07) hingga Kamis (19/07) 2018.

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika mengatakan kontes hewan ternak ini digelar untuk mengetahui dan memperoleh bibit sapi perah, sapi potong, kambing, domba, hingga itik terbaik di Jawa Barat serta sebagai motivasi bagi peternak untuk menyediakan bibit pengganti bagi induk-induk yang sudah tidak produktif guna meningkatkan daya saing produksi.

    "Kontes yang kita merupakan upaya pembinaan dan pemberian penghargaan kepada para peternak yang telah merawat dan menghasilkan bibit-bibit ternak terbaiknya di Jawa Barat serta melestarikan dan mengembangkan plasma nutfah Jawa Barat, seperti Domba Garut, Sapi Pasundan, Ayam Sentul, dan Itik Rambon," katanya Dewi dalam sambutan di acara Kontes Ternak di Lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya, Rabu (18/07).

    Menurut Dewi, pembibitan hewan ternak ini sangat penting untuk pengembangan dunia peternakan di Jawa Barat dan diharapkan masyarakat senang serta fokus dalam memelihara bibit-bibit hewan ternak menjadi unggul dan senantiasa terjaga.

    "Kita akan evaluasi kualitas bibit ternak yang dikembangkan oleh para peternaku di setiap daerah, mulai dari penyediaan pakan sampai perawatan serta menjadi ajang eksibisi para peternak dalam memamerkan dan menjual bibitannya," ucap Dewi.

    Kontes ternak ini dikuti oleh sekitar 36 sapi perah, 54 sapi potong, 37 kambing, dan 172 domba garut. Untuk peserta  ternak ada 323 ekor, masing-masing 57 ekor sapi perah, 55 sapi potong, 174 domba Garut, 37 kambing PE (peranakan etawa). (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus