Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Jabar Miliki Suara dalam Menentukan Rektor Unpad 2019-2024

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29041.jpg

    BANDUNG–UNPAD sedang bersiap menggelar pemilihan rektor untuk periode tahun 2019 hingga 2024. Tim seleksipun sudah terbentuk sementara proses penjaringan dibuka mulai 6 Agustus mendatang.

    “Ini akan menjadi rektor yang ke-12 untuk Unpad,” kata Sekretaris Eksekutif Majelis Wali Amanat Unpad Prof. Dr. Erri N. Megantara saat jumpa pers di Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (25/7).
     
    Berbeda dengan mekanisme sebelumnya, saat ini pemilihan Rektor dilakukan oleh MWA. Dari 17 anggota MWA, hanya 15 anggota yang memiliki hak pilih. Dua anggota yang tidak memiliki hak pilih yaitu Ketua Senat Akademik dan Rektor.

    Adapun anggota MWA yang memiliki hak pilih meliputi Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Gubernur Jawa Barat, serta perwakilan dosen, masyarakat, alumni, mahasiswa, dan tenaga kependidikan.

    “Dari 15 ini, suara menteri masih berbeda dengan yang lain. Jadi masih mendapat proporsi 35% suara dari Menteri,” jelas Prof. Eri.

    Prof. Eri menjelaskan bahwa sesuai statuta Unpad, pemilihan Rektor mengedepankan musyawarah. Apabila musyawarah tidak tercapai, akan dilakukan pemungutan suara.

    Dalam pelaksanaannya, MWA telah membentuk Panitia Pemilihan Rektor (PPR) yang akan melaksanakan teknis pemilihan, mulai dari memfasilitasi, sosialisasi, hingga pelaksanaan sidang pleno. Anggota panitia berjumlah 11 orang, meliputi perwakilan Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, dosen, mahasiswa, alumni, dan tenaga kependidikan.

    “Jadi sifat panitia ini adalah yang melaksanakan, tidak memberikan atau mengeluarkan suatu kebijakan-kebijakan,” kata Prof. Eri.

    Informasi lebih lengkap mengenai persyaratan Calon Rektor Unpad dapat dilihat di http://pilrek.unpad.ac.id/. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus