Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pentingnya Keterlibatan Masyarakat untuk Mewujudkan Kota Sehat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29113.jpg

    KOTA BOGOR - Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menyatakan peran serta masyarakat merupakan salah satu indikator utama dalam mewujudkan kota sehat.

    “Ketika bicara sehat, tidak mungkin hanya mengandalkan puskesmas, rumah sakit atau dokter saja. Perlu keterlibatan semua pihak, khususnya masyarakat,” ungkap Ade di sela membuka Penyuluhan Pemberantasan Sarang  Nyamuk bersama Indomaret dan Baygon di Perumahan Cimanggu Bharata, Kedung Badak, Tanah Sareal, Selasa (24/07/2018).

    Ade menambahkan, apapun tujuan pembangunan atau yang dicita-citakan pemerintah dan seluruh warganya tidak bisa diwujudkan oleh hanya seorang walikota, camat, atau kepala dinas saja. 

    “Hal itu bisa terwujud jika dilakukan bersama dengan masyarakat. Apapun itu baik soal kebersihan, kesehatan, atau pendidikan,” katanya. 

    Demikian pula kaitannya dengan Demam Berdarah Dengue (DBD). Menurut Ade, DBD merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang cenderung meningkat jumlah penderita serta semakin luas penyebaranya. 

    Kondisi lingkungan yang buruk, genangan air yang tertampung dalam suatu wadah, tempat pemukiman yang padat khususnya daerah perkotaan, kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan khususnya untuk menguras bak mandi dan gerakan pemberantasan sarang nyamuk, adalah merupakan faktor pencetus berkembang biaknya nyamuk Ae. aegypti sebagai penyebab penyakit Demam Berdarah.

    “Jadi 3M (menguras, menutup dan mengubur) itu berkaitan dengan prinsip kehidupan kesehatan. Di rumah tangga urusan 3M itu harus dilakukan tidak sekedar lisan saja namun perlu jadi perbuatan. Lakukan setiap saat tidak sekedar cerita atau teori, tetapi lakukan secara rutin dan kontinu. Mudah-mudahan kegiatan CSR Indomaret ini bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Bogor agar bisa membuat kota ini sehat seperti yang diharapkan,” ujarnya.

    Oleh karena itu, Ade juga sangat berharap keterlibatan warga, khususnya para kaum ibu dalam menangani hal ini. Pemberantasan sarang nyamuk itu yang mudah diawali justru berangkat dari keluarga dan lingkungan yang bersih.  (Tria/Hari/Ica/Diah/pri).

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus