Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Psikolog: Setiap Satu Jam Terjadi 40 Sidang Perceraian

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29367.jpg

    BANDUNG-Berdasarkan hasil penelitian Badilax, sejak tahun 2005 tingkat perceraian mencapai 10-15 persen. Bahkan setiap satu jam terjadi 40 sidang perceraian dengan 70 persen penggugat perempuan.

    Psikolog sekaligus parenting expert, Elly Risman, Psi. mengatakan hal itu terjadi akibat sejak dari kecil mengalami pola asuh yang salah. Orang tua lebih mengutamakan pendidikan formal dan sedikit melupakan pola asuh yang baik terhadap anak. 

    "Tidak sedikit anak diberikan cerita atau dongeng seperti Peterpan dan Cinderella yang lebih memuat kehidupan instan sehingga tidak menumbuhkan kemandirian anak," katanya disela Parenting Seminar Darul Hikam Integrated School (DHIS) Primary di hotel Horison Bandung, 

    Elly menyebutkan konten cerita dongeng tersebut tidak mendidik sehingga ketika anak sudah dewasa terjadi perselingkuhan, rumah tangga tidak harmonis karena tidak ada komunikasi yang baik antara orang tua dengan anaknya. 

    "Orang tua hanya memikirkan masalah Akademi saja seperti mengingatkan anak mengerjakan PR atau mengikuti les. Mereka tidak sadar akan pentingnya komunikasi terhadap anak," jelasnya.

    Saat ini banyak orang tua yang mengasuh anaknya seperti anak kecil seperti memberikan fasilitas internet dirumah dan games sehingga membuat anak kecanduan. 

    Elly yang juga penulis dan Founder & Director of Kita dan Buah Hati Productions menilai kecanduan gawai dan internet merupakan sebuah gangguan mental termasuk bahaya akan pornografi yang sudah menghinggapi kehidupan anak. Untuk itu di dalam lingkungan keluarga harus disiapkan pendidikan agama yang kuat sebelum diajarkan di sekolah khusus agama.

    "Banyak orang mengasuh anaknya seperti anak kecil mengasuh anak kecil. Tanpa adanya komunikasi yang baik dengan anak," tegasnya.

    Elli menambahkan yang harus dilakukan oleh orang tua adalah sadar akan posisi sebagai orang tua dan jangan terlalu memanjakan anak serta  tidak berambisi mengejar jabatan tertentu tapi memberikan hak dan memperlakukan anak sebagai manusia karena selama ini ada kekeliruan-kekeliruan dalam mengasuh anak. 

    "Yang hilang dalam pengasuhan modern adalah tidak adanya dialog antara orang tua dengan anak bayangkan bagaimana nanti masa depan anak dengan tantangan zaman seperti ini," pungkasnya (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus