Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Garut Kembali Singgung SPIP

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29387.jpg

    GARUT-Untuk yang  ke sekian kalinya Bupati Garut Rudy Gunawan menyinggung masalah Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di hadapan para peserta Apel Pagi Gabungan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut, Selasa (14/8), bupati menilai masih banyak di jajarannya yang belum memahami pentingnya SPIP.

    “Hampir 70 persen pejabat masih belum faham SPIP”, ungkapnya. Padahal, menurut bupati, dengan penerapan SPIP yang baik tidak hanya mampu menghasilkan LKPD yang berkualitas termasuk diraihnya predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), namun juga mampu menghasilkan kinerja yang efisien dan efektif. 

    Pentingnya SPIP dalam tata kelola pemerintah yang baik merupakan suatu sistem yang ada dalam suatu organisasi yang dapat memudahkan pimpinan dalam memantau kegiatan, karena dengan sistem ini akan memberikan keyakinan bahwa semua telah berjalan dengan baik, sebagimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah,  "Dalam komponen SPIP akan tergambarkan risiko-risiko yang dapat menyebabkan tujuan tidak tercapai”,  ujarnya. 

    Dengan berjalannya SPIP ini akan  memberikan keyakinan yang memadai, dan memberikan early warning, selain itu dapat meningkatkan efektivitas manajemen risiko, serta  memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola. Oleh karena itu, sebut Bupati, Inspektorat harus didukung, salah satunya dengan auditor yang profesional dan kompeten melalui keberadaan APIP yang ideal yang berperan penting dalam memberikan assurance secara keseluruhan atas tata kelola, manajemen risiko dan sistem pengendalian intern.
    "Saya harap SKPD juga melakukan FGD di lingkungan masing-masing untuk memastikan SPIP berjalan", pungkasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus