Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    HIPMI Dorong Digitalisasi UMKM

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29392.jpg

    BANDUNG-Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Bandung mendorong pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara digital untuk memperluas pasar.

    Ketua Hipmi Kota Bandung Surya Batara Kartika mengatakan, perkembangan teknologi yang cepat di masyarakat menyebabkan perubahan konsumsi dari konsumen yang menginginkan produk tersedia dengan cepat dan mudah.

    "Bagaimana teknologi ini kita kenalkan kepada para pelaku bisnis termasuk UMKM di Bandung untuk keningkatkan pengetahuannya, sehinga mampu mendongkrak bisnis yang dijalankannya," katanya di hotel Horison Bandung, Rabu (15/8/2018).

    Surya menyebutkan, di era digitalisasi ini HIPMI akan menggunakan dan memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan berbagai bisnis di kota kembang dengan berbagai level. 

    "HIPMI sendiri di dalamnya banyak pelaku usaha yang sudah terjun menjadi pelaku industri digital sehingga bisa menjadi partner pemerintah dalam melakukan pelatihan," ujarnya.

    Sekitar 30 persen masyarakat kota Bandung sudah menggunakan gadgetnya untuk melakukan transaksi online. Untuk itu, para pelaku UMKM mencoba beberapa platform digital misalnya lewat aplikasi market place digital. 

    Kondisi itu, menuntut Hipmi Kota Bandung untuk berperan mensosialisasikan marketing online juga menjembatani pelaku UMKM agar mengusasai teknologi pemasaran. 

    "Gimana caranya mereka membuat toko online dan memasarkannya secara digital," imbuhnya.

    Hipmi menjadi organisasi strategis bagi pemerintah dalam melakukan program yang membantu UMKM. Salah satunya memberikan pelatihan kepada UMKM agar bisa meningkatkan penjualan dengan cara lebih kreatif. HIPMI berperan memberikan pelatihan vokasi secara langsung maupun tidak langsung. 

    "Kongkritnya, Hipmi sudah melakukan berbagai program termasuk bekerja sama dengan Dirjen Pajak dengan memberikan potongan pajak setengah persen bagi pelaku UMKM," jelasnya.

    Sementara itu, dalam rangka memasuki era persaingan melalui kreativitas dan adaptasi perkembangan teknologi digital, HIPMI Kota Bandung untuk kesembilan kalinya mengadakan musyawarah cabang dengan mengambil tema "Menuju Bandung 4.0 : Peran HIPMI Kota Bandung melalui kreasi dan digitalisasi." "Tujuannya untuk sosialisasi serta evaluasi pencapaian HIPMI Kota Bandung satu periode kepengurusan," pungkasnya.jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus