Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Kembali Akan Bantu Lombok

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29530.jpg

    BANDUNG—Surat edaran Menteri Dalam Negeri terkait permintaan daerah untuk membantu penanganan gempa Lombok,NTB sudah direspon oleh Pemprov Jabar.

    Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan, sebelum surat tersebut dirilis, pihaknya sudah menggelontorkan bantuan untuk penanganan gempa lebih dulu pada dua pekan lalu sebesar Rp 2 miliar sesuai dengan permintaan NTB.

    “Alhamdulillah kita sudah mendahului apa yang menjadi arahan Mendagri, sehingga bisa langsung bisa dimanfaatkan pemerintah NTB dan kab/kota,” katanya di Bandung, Kamis (23/8/2018).

    Menurutnya dana sebesar Rp 2 miliar diambil dari pos dana tidak terduga yang bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu ditambah dari donasi ASN dalam program Jabar Peduli dan Bank BJB. 

    “Setelah koordinasi, dalam waktu cepat tak sampai sehari proses selesai oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan langsung dikirim ke rekening, dan langsung simbolis penyerahan oleh Pak Penjabat Gubernur di Lombok,” katanya.

    Pemprov Jabar berinisitiaf memberikan bantuan tunai mengingat kebutuhan disana adalah uang tunai bukan bantuan berupa barang. Meski dilanda gempa, infrastruktur jalan masih terbilang baik dan masyarakat masih bisa membeli kebutuhan barang secara langsung. 

    “Bantuan uang tunai lebih efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah di sana,” ujarnya.

    Meski sudah memberikan bantuan, pihaknya kembali berencana menggalang donasi lewat Jabar Peduli dari ribuan ASN Pemprov Jabar. Pihaknya terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan Asisten Daerah bidang Administrasi Setda Jabar terkait teknis penyaluran.

    “Kita akan dorong lagi teman-teman ASN untuk mengumpulkan donasi, rencananya akan kami umumkan pada Senin pekan depan,” katanya.

    Sebelumnya diberitakan Mendagri Tjahjo Kumolo mengeluarkan surat edaran agar provinsi, kabupaten/kota untuk membantu penanganan gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

    Ada dua salinan surat yang ditandatangani Mendagri. Satu surat bernomor 977/6131/SJ ditujukan untuk gubernur seluruh Indonesia, dan satu surat lainnya bernomor 977/6132/SJ ditujukan untuk bupati/wali kota seluruh Indonesia.

    Surat tersebut ditandatangani oleh Tjahjo Kumolo pada Senin 20 Agustus 2018 lalu. Kedua surat tersebut berisi hal yang sama, yakni meminta kepala daerah memberikan bantuan keuangan kepada Pemerintah Provinsi NTB dalam rangka penanganan masyarakat terdampak gempa. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus