Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Diskominfo Jabar Manfaatkan TIK Secara Maksimal

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29597.jpg

    BANDUNG–Pemprov Jabar merupakan provinsi yang concern terhadap aplikasi Smart Province dan Smart City. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya aplikasi TIK yang saat ini digunakan, salah satunya adalah SIMAYA atau Sistem Administrasi Perkantoran Maya.

    Kepala Dinas Kominfo Jabar Hening Widiatmoko mengatakan pemanfaatan TIK di lingkungan Pemprov Jabar khususnya Dinas Kominfo sudah lama dilakukan. Selain SIMAYA, juga telah dimanfaatkan aplikasi berbasis cloud serta web official.
     
    “Layanan persuratan elektronik SIMAYA ini sudah digunakan untuk meningkatkan efektivitas kerja,  terutama terkait disposisi dan pendistribusian surat yang dilakukan secara real time. Tentunya ini harus didukung infrastruktur dan SDM yang mumpuni,” jelasnya di sela kegiatan FGD Asosiasi Diskominfo Se-Indonesia di Bandung, Selasa (28/8).

    Ia juga mengatakan sudah banyak aplikasi TIK yang digunakan di Jabar. Jumlah aplikasi yang ada di lingkungan Pemprov Jabar, yang terdiri atas 49 perangkat dan biro, terhitung 218 aplikasi dengan rincian 98 web site, 106 aplikasi dan 14 aplikasi pusat, serta jumlah aplikasi dari 19 pemkab/pemkot totalnya mencapai 1.062 aplikasi,” jelasnya.

    “Sehubungan dengan banyaknya aplikasi, perlu dibuat kesepakatan bersama yang memungkinkan satu daerah dengan daerah lainnya untuk saling berbagi pakai aplikasi, saling membantu,” jelasnya.
     
    Sementara itu anggota tim Pokja Bidang TIK dari Gubernur Jabar Terpilih Wahyudi mengatakan pengembangan TIK harus mendapatkan dukungan dari kepala daerah baik dari sisi dan juga pendanaannya.

    “Secara regulasi harus didukung, harus ada penguatan kelembagaan, E Literasi SDM dan pengurangan kesenjangan digital,” jelasnya.

    Ia mengatakan perlu juga dilakukan penguatan infrastruktur seperti jaringan data center, comand center, serta integrasi data dan aplikasi. Tapi menurutnya semua itu harus ada dorongan dari kepala daerah yang dapat memberikan perhatian lebih kepada Dinas Kominfo. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus