Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Baznas Kota Bandung Salurkan Zakat 1 M

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29620.jpg

    BANDUNG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung kembali menyalurkan dana zakat kepada para mustahik dengan nilai mencapai Rp. 1,04 miliar kepada 800 penerima di Masjid Al Ukhuwah Kota Bandung, Rabu (29/08).

    Kepala Baznas Kota Bandung Maman Abdurrahman mengatakan 800 mustahik penerima zakat tersebut terbagi ke dalam 5 kategori program, yaitu kategori Bandung Cerdas, Bandung Sehat, Bandung Peduli, Bandung Makmur, Bandung Taqwa dengan nominal yang berbeda.

    "Pada kategori Bandung Cerdas, ada 5 jenis bantuan pendidikan bagi 141 siswa kurang mampu dengan jenjang  mulai dari SD, SMP, SMA dan S1 dengan total bantuan Rp.266 juta, kita bayarkan tunggakan uang sekolahnya langsung  ke pihak sekolah,” ucapnya.

    Sementara untuk kategori Bandung Sehat menurut Maman, Baznas memberikan bantuan kepada 10 warga miskin untuk pengobatan ke rumah sakit dengan total menyalurkan sebesar Rp. 23,5 juta.

    "Pada kategori Bandung Makmur, Baznas memberikan bantuan modal kepada 212 mustahik, setiap orang mendapatkan Rp. 1 juta untuk bantuan usaha," kata Maman di sela-sela pemberian zakat di Masjid Al Ukhuwah Kota Bandung, Rabu (29/08).

    Sedangkan untuk  program Bandung Taqwa, Baznas memberikan santunan kepada 12 orang guru mengaji dan beberapa kegiatan perbaikan masjid dengan jumlah dana zakat untuk kategori ini mencapai Rp. 64 juta.

    Sedangkan selebihnya menurut Maman, adalah bantuan untuk kategori Bandung Peduli, yakni memberikan bantuan kepada kategori mustahik lainnya, seperti gharimin (orang yang berhutang), bantuan perbaikan rumah tak layak huni (Rutilahu) bagi warga miskin, serta santunan untuk para Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan anggota Gorong-gorong Bersih (Gober) yang belum tersampaikan pada periode sebelumnya.

    “Kita memberi bantuan pula kepada gharimin, mereka ini yang terlilit utang karena rentenir. Itu kita juga bantu sediikit-sedikit,” pungkasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus