Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Iwa Karniwa Bentuk Koperasi Bobotoh

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29666.jpg

    PANGANDARAN-Dewasa ini bobotoh tak hanya sebagai 'tukang sorak' tatkala Persib Bandung bertanding di stadion. Namun cukup banyak pula bobotoh yang membuka usaha, seperti menggerakan bisnis konveksi atau marchandise yang identik dengan tim kebanggan mereka.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan pihaknya akan mendorong ekonomi kerakyatan yang selama ini juga digeluti oleh bobotoh. Mengingat Iwa pun didapuk sebagai Ketua  Dewan Pembina di salah satu organisasi pendukung Maung Bandung, yakni Viking Persib Club (VPC).

    "Direncanakan akan membentuk koperasi Bobotoh yang nantinya diharapkan koperasi ini menjadi komponen yang kuat sebagai dasar anggota bobotoh untuk melakukan usahanya," ujar Iwa di sela Hari Ulang Tahun (HUT) VPC yang ke-25 di Pantai Timur Pangandaran, Sabtu (1/9) malam.

    Apabila memungkinkan, koperasi ini juga akan memiliki saham di PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). Sehingga tak sekadar sebagai pendukung di Stadion, tapi bobotoh bisa memiliki peran lebih aktif menjadikan tim jagoannya semakin maju.

    "Dan bobotoh merasa menjadi pemilik (Persib), akan lebih mencintai karena bagian dari pemilik," ucapnya.

    Lebih lanjut, dia juga turut bangga pada perkembangan dan budaya bobotoh saat ini. Khususnya kepada VPC yang merayakan hari jadi ke-25 dengan sangat meriah, pada 1-2 September 2018.

    Memang, ribuan bobotoh tumplek di Pangandaran untuk memperingati puncak acara ulang tahun dengan tajuk 'Turn Into Gold' ini. Berbagai talent, seperti Pas Band, Rosemary dan beberapa band lokal lainnya pun ikut ambil bagian menghibur bobotoh.

    Yang paling spesial, Iwa katakan, untuk HUT VPC kali ini digelar di pantai Pangandaran. Dengan demikian, sekaligus mendukung pariwisata Jawa Barat. Karena itu, Iwa merasa perlu menyempatkan hadir ke venue acara walaupun baru menjalani perjalanan jauh setelah menghadiri kegiatan bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar di Singapura, Jumat (31/8) lalu.

    "Saya dari Singapura langsung jam 01.00 WIB malam, untuk memberikan suatu semangat dan juga dorongan. Di mana acara ini adalah yang paling spektakuler," ungkapnya.

    Iwa mengajak anggota VPC membangun solidaritas dan meningkatkan dukungan kepada Persib yang sedang mengejar asa juara di ajang Liga 1 2018. Apalagi saat ini Persib butuh motivasi ganda agar konsisten menguasai papan klasemen pada kompetisi kasta tertinggi ini.

    "Klasemen sementara kita ini peringkat pertama, sehingga berikutnya diharapkan Persib jadi juara," ucapnya.

    Hal yang tak kalah penting, dia meminta, VPC selalu menjaga kondusifitas persepakbolaan domestik, khususnya di Jabar. Demikian akan tercipta rasa aman dan nyaman di setiap gelaran laga Maung Bandung. 

    "Membangun solidaritas dalam rangka terus mendorong terciptanya iklim yang kondusif Di Jawa Barat," jelasnya. (Pun) 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus