Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Solusi Pola Asuh Anak Generasi Milenial Via Online

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29674.jpg

    BANDUNG-Seiring perkembangan zaman, pola didik dan asuh anak tentu saja harus lebih kekinian. Tak sedikit orangtua jaman sekarang yang kewalahan menerapkan pola asuh ala orangtua jaman dahulu. Dampak positif dan negatifnya ditentukan pula oleh cara mendidik orang tua, serta bagaimana dampaknya bagi tumbuh kembang anak.

    Beberapa fenomena yang berkembang saat ini seperti kasus anak yang dipukuli oleh ibu kandungnya, anak berani melawan ayahnya dengan alasan tidak dibelikan sepeda motor, LGBT, ancaman narkoba, kriminalitas antara orang tua dan anak akhir-akhir ini marak terjadi.

    Semua itu bermula dari pengasuhan atau parenting. Ketidaktahuan orang tua mengenai pentingnya ilmu pengasuhan ini, berdampak buruk pada masa depan anak.

    Menanggapi kondisi tersebut, Sygma Media Inovasi menggandeng Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari selaku pakar konsultan parenting, meluncurkan metode pembelajaran kekinian, yang dinamakan Parenting Academy.

    CEO Sygma Media Inovasi, Indra Laksana mengatakan Parenting Academy hadir secara online yang bisa diunduh di playstore bagi mereka para pengguna android. Adanya aplikasi ini, orangtua bisa belajar dimanapun dan kapanpun. 

    E-Learning Parenting Academy adalah pembelajaran parenting melalui online dengan menggunakan metode kekinian, yang bisa diakses melalui website dan aplikasi. Selain itu, materi pembelajaran Parenting Academy dapat diakses di mana saja secara cepat.

    "Aplikasi ini sebagai alternatif melakukan pola asuh pada anak-anak zaman now. Materi yang ada diaplikasipun beragam, semuanya berkaitan dengan pola asuh anak jaman now," katanya kepada wartawan di Bandung, Minggu (2/9/2018).

    Adapun, Pakar konsultan parenting, Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari mengatakan, produk ini bisa menjadi jawaban atas kebuntuan para orangtua dalam mendidik anak-anak mereka.

    Dia menilai selama ini dalam mendidik anak bukanlah hal mudah. Setiap orangtua harus memutar otak untuk mengajarkan anak banyak hal. Meskipun setiap orang tua memiliki keterampilan tersendiri dalam mengasuk anak. Berbeda dengan masa lalu, orang tua masih minim kompetitor dalam mengasuh buah hatinya. 

    Namun, bila dibandingkan dengan jaman sekarang, kompetitor bukan hanya berada di luar lingkungan keluarga melainkan teknologi yang sering kali dipakai oleh anak-anak seperti penggunaan gawai. Untuk itu, dibutuhkan pola asuh yang baik dan bisa menciptakan generasi berbudi pekerti yang baik.

    "Luas lingkar pergaulan itu sudah masuk ke rumah. Berbagai pemikiran dari luar bisa masuk melalui gadjet yang serimg dipakai oleh anak-anak," ujarnya 

    Dia menyebutkan para orang tua harus meningkatkan kapasitasnya agar anak-anak sesuai dengan nilai-nilai yang diinginkan 

    "Para orang tua harus lebih banyak belajar karena lingkungannya sudah berbeda. Tidak seperti jaman dulu, hanya demgan nilai keteladannya saja sudah cukup untuk mendidik anak," pungkasnya (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus