Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    IDI Jabar Alami Perbaikan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29707.JPG

    BANDUNG - Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahun 2017 mencapai 68,78 dalam skala indeks 0 sampai 100. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan IDI Provinsi Jawa Barat 2016 yang capaiannya sebesar 66,82.

    Namun demikian, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar, meskipun telah mengalami perubahan, tingkat demokrasi Indonesia tersebut masih termasuk dalam kategori sedang.

    Capaian IDI dari tahun 2009 hingga 2017 mengalami fluktuasi. Pada awal mula dihitung tahun 2009, capaian IDI hanya sebesar 71,07. Angka ini terus mengalami perubahan hingga mencapai momen tertingginya pada tahun 2015 sebesar 73,04.

    Fluktuasi angka IDI adalah cerminan situasi dinamika demokrasi di Jawa Barat. IDI sebagai sebuah alat ukur perkembangan demokrasi yang khas memang dirancang untuk sensitif terhadap naik-turunnya kondisi demokrasi.

    “IDI disusun secara cermat berdasarkan kejadian (evidence-based) sehingga potret yang dihasilkan merupakan refleksi realitas yang terjad,” ujar Kepala BPS Jabar Doddy Herlando.

    BPS juga menyebutkan, dalam tiga aspek demokrasi yang diukur pada tahun 2017, indeks aspek Kebebasan Sipil mengalami sedikit peningkatan 0,24 poin dibandingkan tahun 2016. Sementara itu, nilai indeks aspek Hak-Hak Politik mengalami penurunan 1,32 poin sedangkan aspek Lembaga Demokrasi naik 9,37 poin.

    Indeks aspek Kebebasan Sipil dan Hak-Hak Politik berada pada kategori sedang, sementara aspek Lembaga Demokrasi walaupun mengalami kenaikan cukup siginfikan tetapi masih berada pada kategori buruk. (jo)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus