Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ospek Mahasiswa Baru Tak Lagi Berbau Kekerasan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29816.jpg

    BANDUNG-Orientasi Pengenalan Kampus (Ospek) kini tidak lagi berbau tindakan kekerasan yang kerap dilakukan oleh senior terhadap mahasiswa baru. Namun, saat ini kegiatan tersebut diisi dengan sesuatu yang bermanfaat.

    Salah satunya yang dilakukan Universitas Widyatama dengan kegiatan Program Pengenalan Universitas (PPU) Widyatama, para mahasiwa diberikan berbagai materi seperti kebangsaan, kepemimpinan termasuk membuat proposal penelitian. 

    Rektor Universitas Widyatama, Islahuzzaman mengatakan banyak cara lain untuk mendidik mengarahkan mahasiswa dan meningkatkan kualitas mahasiswa.

    "Tidak boleh ada kekerasan kita harus bisa memanusiakan mahasiswa sehingga mereka akan mau belajar mengaktualisasi dirinya," katanya kepada wartawan di Kampus Universitas Widyatama Bandung, Senin (10/9/2018).

    Kegiatan PPU Widyatama mengadopsi model baru artinya pengenalan mahasiswa baru di lingkungan kampus yang digagas Pembina Yayasan Widyatama, Sri Juniati memberikan materi yang lebih lengkap dengan penyelenggaran lebih lama dibanding tahun sebelumnya. Tujuannya, supaya mahasiswa memahami almamaternya kemudian sedini mungkin memahami faham bela negara dan cara belajar yang baik termasuk membuat proposal penelian dan kepemimpinan.

    "Atas gagasan itu kita perbaiki kegiatan PPu model lama menjadi yang seperti ini yakni lebih lengkap, waktunya lebih lama dan materinya lebih lengkap," ungkapnya.

    Satu keunggulan lainnya  yakni mahasiswa baru diajarkan menghasilkan penelitian, leadership termasuk membuat proposal penelitian. Mereka diajarkan dan dicontohkan oleh para dosen pembimbing langsung.

    "Tidak hanya itu para pejabat juga ikut turut membantu memberikan penjelasan kepada mahasiswa baru supaya lebih akrab antara dosen dengan mahasiswa termasuk pejabat kampus dengan mahasiswa," ujarnya.

    Diharapkan mahasiswa baru termotivasi untuk menyelesaikan studi dengan tepat waktu dan mampu bersaing setelah lulus dari Widyatama.

    "Dengan menyusun proposal penelitian itu para mahasiswa akan memiliki pola pikir yang baik," ungkapnya.

    Sebelumnya, Universitas Widyatama menutup kegiatan PPU melalui Sidang Senat Terbuka Pelantikan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019 di Gedung Auditrium (GSG) Widyatama pada 8 September 2018. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus