Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Informasi Investasi yang Aman Harus Terus Disosialisasikan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30094.jpg

    BANDUNG-Kerugian masyarakat akibat investasi ilegal atau bodong mencapai triliunan rupiah. Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kerugian sepanjang tahun 2007 hingga 2017 mencapai Rp 105,81 triliun.

    Riwin Mirhadi, Kepala Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kantor Regional 2 Jawa Barat OJK mengatakan tingginya korban investasi bodong selain karena rendahnya literasi masyarakat terkait investasi yang aman juga karena secara psikologis setiap orang ingin untung besar tanpa susah.

    "Sebab korbannya juga mulai dari politisi, aparat, bahkan manager bank yang jelas sangat tahu apa itu investasi," jelasnya di sela kegiatan gathering dan peningkatan kapasitas wartawan peliput ekonomi OJK Jabar di Malang, Jatim, 27-29 September 2018.

    Selain karena iklan yang menggiurkan, terkadang investasi ilegal menggunakan tokoh terkenal, artis bahkan pemuka agama untuk berpromosi atau menjadi artis endorsement. Dengan cara seperti itu maka akan banyak masyarakat yang percaya.

    Padahal menurutnya, ada langkah seserahan agar masyarakat tidak menjadi korban investasi bodong. Yakni legal dan logis. Legal dalam arti memiliki ijin dari otoritas setempat, dalam hal ini BI dan OJK. Kemudian produk yang ditawarkan juga harus masuk akal dan sesuai dengan kondisi aturan yang berlaku.

    "Misal menjanjikan keuntungan di atas batas maksimal yang ditetapkan BI. Misalnya ada yang menawarkan keuntungan bunga 10 persen per bulan, sangat tidak wajar kan?" ujarnya.

    Atau ia menyarankan kepada masyarakat yang ragu-ragu untuk berinvestasi dengan menelepon call center 157 yang akan tersambung ke Satgas Investasi. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus