Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    RZ Kirim Relawan dan Bantuan Bagi Korban Gempa Sulteng

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30129.jpg

    BANDUNG - Gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter yang terjadi di Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/09) lalu, yang mengakibatkan tsunami di beberapa wilayah pantai Donggala dan pantai Talise, Palu mengakibatkan sekitar 850 orang meninggal dunia dan ribuan lainnya luka-luka serta ratusan ribu bangunan rusak.

    Chief Program Officer Murni Alit Baginda mengatakan Rumah Zakat mulai mengirimkan Relawan sejak Jumat malam dari 8 provinsi, yaitu dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sumatera Barat.

    “Relawan yang dikirim terdiri dari tim evakuasi, dan tim medis masing-masing 13 orang tim evakuasi, 5 orang tim medis, 2 unit ambulance, 1 mobil klinik, bantuan logistik hingga pengiriman 100.000 kornet," ucap Murni kepada wartawan dalam Aksi Peduli Bencana Sulawesi Tengah di Kantor RZ, Senin (01/10). 

    Menurut Murni, untuk membantu pemerintah dalam penanganan bencana di Sulawesi Tengah mulai dari masa tanggap darurat hingga masa recovery dan rehabilitasi, Rumah Zakat membuat empat gelombang tahapan aksi penanganan bencana di Sulawesi Tengah yang disesuaikan dengan kondisi dan fase Bencana di lapangan

    "Pada Gelombang pertama kita mengirimkan relawan untuk membantu evakuasi, assessment, pelayanan medis, penyaluran logistik dan Iayanan dapur umum , serta mengirimkan ambulance dan mobil klinik," ucapnya 

    Di Gelombang ll, penanganan bencana ditambah dengan penyediaan pos pengungsian, mesjid darurat, toilet komunal dan Iayanan psikososial serta di Gelombang III yang bertepatan dengan masa recovery, RZ akan mulai mendirikan hunian sementara, penyiapan sekolah darurat dan penyedlaan Iayanan kesehatan. 

    Serta di Gelombang IV atau masa rehabilitasl, selaln kita masih terus menyediakan hunian sementara dan sekolah darurat, RZ jusa akan mulal melakukan pendampingan ekonomi untuk warga terdampak. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus