Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    LPSE Mempercepat Pelaksanaan Pembangunan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Ika-Mardiah5.jpg

    Kepala Balai Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (LPSE) Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah menegaskan tujuan tender secara elektronik guna mewujudkan efektivitas dan efisiensi proses pengadaan dan pada ujungnya mempercepat pelaksanaan pembangunan. Karenanya sangat disayangkan bila masih ada pihak yang meragukan keberadaan LPSE. Apalagi menuding LPSE menghambat pelaksanaan pembangunan  infrastruktur, misalnya terlambatnya perbaikan jalan di beberapa kabupaten atau kota.  
     
    “Sangat disayangkan kepada pihak yang menuding LPSE memperlambat pelaksanaan pembangunan. Adalah wajar karena proses tender melalui sejumlah tahapan yang membutuhkan waktu, seperti masa sanggah, sehingga waktu proses tender menjadi lama. Sesuai Perpres 54/2010, masa sanggah dan sanggah banding merupakan tahapan tender baik dilakukan secara elektronik maupun manual,” jelas Ika di Balai LPSE Jawa Barat, Rabu (7/9) sore.
     
    Untuk itu, guna mendorong pelalsanaan LPSE, Ika mengimbau agar Bulati/Walikota aktif melakukan pengecekan kepada Pengguna Anggaran (PA)/Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) mengenai kesiapan dokumen lelang pada masing-masing unit kerja. Karena seringkali hambatan disebabkan PPK pada unit kerja belum siap dengan spesifikasi pekerjaan, Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan rancangan kontrak yang akan dijadikan bahan dokumen lelang oleh panitia lelang.
     
    Ika menambahkan agar PA/KPA dan PPK segera mempersiapkan bahan-bahan sedini mungkin, apalagi proses tender sudah dapat dimulai sejak persetujuan RAPBD oleh DPRD. Dengan demikian keberadaan LPSE justru memudahkan proses lelang, karena proses pendaftaran peserta dan pengiriman berkas penawaran dilakukan secara elektronik, dan “online” selama 24 jam bahkan pada hari libur. Demikian pula panitia tender dapat bekerja di manapun dan tidak terikat jam kerja.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus