Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    APPSI Award 2018 Bidik Geopark Ciletuh Palabuanratu

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30223.jpg

    KABSUKABUMI-Sekretaris Daerah (SEKDA) Kabupaten Sukabumi H.Iyos Somantri menerima kedatangan Tim Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) terkait Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur, di kampung adat Kasepuhan Sinar Resmi Kecamatan Cisolok. Jum'at (5/10).

    Kedatangan dari APPSI ini adalah untuk menggali segala inovasi potensi sumber daya alam, teknologi dan budaya daerah di Provinsi Jawa Barat.

    "Kedatangam kami ialah untuk menggali segala inovasi potensi sumber daya alam, teknologi maupun kebudayaan yang ada di suatu provinsi," jelas ki Agus Firdaus yang merupakan ketua tim rombongan.

    Hasil penilaian dari tim APPSI kemudian akan menjadi acuan untuk pemberian penghargaan pada kegiatan APPSI Award 2018.

    "Perjalanan kami dimulai dari tanggal 7 September yang titik awalnya dari Aceh terus bergerak ke provinsi lainnya, dan akhirnya sampai ke provinsi Jawa Barat yang merupakan provinsi ke-13 yang kami kunjungi," ungkapnya.

    Sementara itu, SEKDA Iyos Samantri  mengungkapkan rasa syukur atas dipilihnya Geopark Ciletuh Palabuhanratu oleh Provinsi Jawa Barat sebagai salah satu tempat yang dipilih untuk djadikan tempat penilaian oleh APPSI.

    "Kami sangat bangga destinasi wisata geopark, khususnya Kampung Adat Kasepuhan Sinar Resmi yang sangat kental dengan kebudayaanya dipilih untuk digali dan dinilai potensi nilai kebudayaan dan pariwisatanya, namun ada tempat lainnya juga yang silahkan untuk di lihat," ungkap Sekda.

    Tak hanya itu saja, Sekda pun menyampaikan bahwa Geopark Ciletuh Palabuhanratu merupakan geopark pertama di dunia yang langsung ditetapkan dengan hanya satu kali mengajukan permohonan untuk di tetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

    "Potensi alam yang dimiliki oleh kita sangat beragam, tidak perlu beberapa kali kita mengajukan penetapan untuk di tetapkan menjadi warisan dunia, hanya satu kali pengajuan UNESCO langsung menetapkan geopark ciletuh Palabuhanratu menjadi Unesco Global Geopark," terangnya.

    Sekdapun berharap, dengan kedatangan APPSI ke wisata geopark, bisa memberikan suatu perubahan dan terobosan untuk pengembangan geopark ke depan. "Gali potensi yang ada di geopark kami," pungkasnya.

    Pada kesempatan yang sama, sekda pun memberikan cindera mata kepada tim APPSI berupa Iket Kepala yang merupakan ciri khas dari Kasepuhan Sinar Resmi.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus