Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kemenpar Kaji Cikidang Jadi KEK Pariwisata Geopark Ciletuh

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30296.jpg

    KAB.SUKABUMI-Kementerian Pariwisata RI akan mengkaji usulan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi terkait penetapan Cikidang menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu.

    Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Indonesia Kementerian Pariwisata RI, Dadang Rizky Ratman mengatakan, keberadaan destinasi wisata Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu akan menambah nilai ekonomi masyarakat. Pasalnya, setiap wisatawan akan membutuhkan akomodasi seperti penginapan dan kuliner sehingga menambah penghasilan masyarakat. 

    "Kemenpar sendiri sedang melakukan verifikasi awal untuk lokasi KEK di Cikidang Kabupaten Sukabumi itu. Mudah-mudahan dalam waktu singkat akan diusulkan ke dewan ekonomi khusus nasional di Kemenko Perekonomian," kata Dadang kepada wartawan di Desa Panenjoan Kab Sukabumi, Sabtu (13/10/2018).

    Dia menjelaskan kriteria pengembangan destinasi wisata bisa dilihat dari 3A yakni Atraksi, Aksebilitas dan Amenitas.

    Khusus Aksebilitas, Kemenpar sedang mendorong Kemen PUPR maupun BUMN agar mempercepat proses pembangunan jalan tol Bogor, Ciawi dan Sulabumi (Bocimi) agar perjalanan para wisatawan menuju Geopark Ciletuh bisa dipersingkat. 

    "Tidak kalah pentingnya dari Pemkab Sukabumi ada usulan untuk membuat bandara," ujarnya.

    Khusus beberapa wilayah di Indonesia yang dijadikan Unesco Global Geopark (UGG), khususnya Ciletuh Geopark Palabuhan Ratu yang ditetapkan sejak April 2018 menjadi bagian dari Global Geopark. Kata Dadang, Menteri Pariwisata berharap hal ini menjadi berkelanjutan pengelolaan geoparknya sesuai dengan nilai dan manfaatnya bagi masyarakat.

    Selain itu, diharapkan agar geopark ini menjadi destinasi pariwisata unggulan Kabupaten Sukabumi sehingga jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara semakin meningkat.

    "Apabila sudah dikunjungi biasanya para wisatawan berbelanja, sehingga bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat di kawasan destinasi wisata Geopark Ciletuk Palabuhan Ratu," jelasnya.

    Selanjutnya, kehadiran geopark ini mampu menambah nilai sosial budaya. Misalnya dengan menggelar festival seni dan budaya bisa diangkat menjadi ciri khas Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu. 

    "Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu bisa meningkatkan pelestarian hidup sehingga bisa memperlihatkan kepada dunia bahwa kita bisa memelihara kawasan ini menjadi lebih asri dan lestari sehingga semakin dilestarikan maka semakin mensejahterakan masyarakat," pungkasnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus