Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Disparbud Jabar Gelar Festival Alimpaido di Bogor

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Ir.H_.Herdiwan_.jpg

     

    BANDUNG-Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, Ir.H. Herdiwan Iing Suranta, MM mengungkapkan, Disparbud Jabar akan menggelar Festival Alimpaido (Permainan Tradisional) Jawa Barat 2011 di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (17/9) dan Minggu (18/9).
     
    “Di Jawa Barat terdapat kurang lebih 200 permainan tradisional yang dimiliki seluruh kabupaten/kota. Ini merupakan potensi bagi pengembangan wisata budaya. Oleh karenanya, Alimpaido menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan Disparbud Jawa Barat, kata Herdiwan dalam siaran persnya yang diterima jabarprov.go.id, Kamis (15/9).
     
    Alimpaido tahun 2011 ini, menurut Herdiwan, yang ketiga kalinya digelar Disparbud. Festival Alimpaido sebelumnya digelar di Kota Bandung. Alimpaido merupakan perlombaan yang mempertandingkan sejumlah permainan tradisional Sunda yang biasa dilakukan anak-anak zaman dulu.
     
    “Kompetisi yang namanya dipelesetkan dari kata Olimpiade ini akan diikuti semua daerah atau 26 kota/kabupaten di Jabar. Dengan tujuan untuk melestarikan permainan tradisional Jabar yang hampir punah,” katanya.
     
    Dari sekitar 200 permainan yang ada, hanya 10 jenis yang akan dipertandingkan. Permainan tersebut, antara lain Egrang, Kelom Batok, Rorodaan, Engkle/Sondah, Sorodot Gaplok, Perepet Jengkol, Gatrik, Gasing, Bedil Jepret, dan Sumpit.
     
    Herdiwan menjelaskan, selain memberikan penghargaan kepada pemenang permainan tradisional, pihaknya juga akan memberikan penilaian kepada tim yang bertanding, yaitu peserta Terkreatif, Terunik, Tertangguh, Terkuat, Terbodor, Tersemangat, Terberani, Terkeren, Terkasih, Terhebat, Terpoptimis, Terfavorit, Terbaik, Terheboh, Tersportif, Tersantun, Terfairplay, Tergesit, Terlugu, Terrajin, Termuda, dan Tertua.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus