Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sekda Iyos Somantri Buat Inovasi, Gubernur Jabar Apresiasi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30621.jpg

    KABSUKABUMI-Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengelar rapat sosialisasi Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 72 tahun 2018 tentang pengembangan kawasan Geopark di daerah provinsi Jawa Barat di ruang sangga buana gedung sate Bandung (6/11).

    Lahirnya Pergub tersebut merupakan inisiasi dari Sekertaris Daerah Kabupaten Sukabumi H.Iyos Somantri dalam Kolaborasi pengembangan kawasan geopark  untuk mewujudkan destinasi pariwista berkelas dunia (word class tourizm) di jawabarat.

    Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekertaris Daerah Provinsi Jawabarat  Iwa Karniwa, Dalam sambutannya Iwa menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan Sekda Kab Sukabumi.

    "Kami dari pemerintah provinsi jawabarat mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas inisiasi yang telah dilakukan Sekertaris daerah kabupaten Sukabumi pak Iyos somantri, semoga dengan terbentuknya peraturan ini dapat membangun dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang inovatif serta kepemimpinan yang kolaboratif antara pemerintah pusat, Pemprov dan Kabupaten/kota " jelasnya.

    Sekda Propinsi berharap, dengan peraturan ini dapat menjadi pedoman hukum dalam perkembangan pembangunan kepariwisataan di daerah masing-masing Geopark yang ada di jawabarat.

    Usai paparan sosialisasi pergub, peserta yang turut hadir dari beberapa kabupaten seperti  Kab bogor, pangandaran, tasikmalaya, bandung barat dan kab sukabumi serta elemen lainnya seperti akademisi, pelaku usaha, dan media masa diajak berdiskusi yang dipandu oleh Sekertaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Propinsi Jawabarat Agus hanafiah

    Diskusi berjalan denagan baik, saran,masukan dan dukungan pun mengalir, tak hanya itu bahkan ada beberapa peserta meminta penguatan kelembagaan dan strategi pengembangan sehinga kedepan beberapa geopark di jawabarat bisa di akui oleh unessco seperti halnya geopark ciletuh palabuanratu.

    Sementara itu Sekda Kab. Sukabumi, H. Iyos somantri  menyampaikan bahwa dengan lahirnya pergub  ini kedepan diharapkan konsep memulyakan bumi dan mensejahterakan masyarakat segera terwujud.

    " Pertama saya menginisiasi kerena sebagai projec leader dipelatihan kepemimpinan tingkat nasional tingkat satu, sebagai peserta harus  membuat proyek perubahan dengan gagasan yang inovatif,kenapa??,karena dengan mengembangkan geopark telah berkontribusi 8 goals dari 17goals ( SDGs) sesuai peraturan Republik Indonesia Nomor 59 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, geopark  itu memiliki 3 pilar yang harus di bangun untuk memulyakan bumi mensejahtrakan masyarakat" paparnya.

    Menurut Sekda Pergub kolaborasi ini dengan melibatkan stakeholders pentahelix yaitu ABGCM ( Academic, Bussines, Government, Community dan Media )

    Usai acara H.Iyos Somantri menemui Gubernur Jawabarat Ridwan Kamil, Gubernur pun mengapresiasi dan memberikan dukungan atas inovasi yang dibuat, 

    " Saya sudah mereview dan sangat mendukung sebuah gagasan karya inovatif yaitu tentang kolaborasi pengembangan kawasan geoark ciletuh, untuk menuju pariwisata berkelas dunia, yang memang sedang kami siapkan melalui peraturan peraturan, hasil risert inu akan membuat dan akan kami lakukan kedepan menjadi lebih akseleratif, jadi saya sangat merekomendasikan karya yang sangat luar biasa dari pak iyos somantri" ucapnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus