Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    ABCGM Akan Mampu Kembangkan Pariwisata

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30705.jpg

    KABSUKABUMI-Wakil Bupati Sukabumi H.Adjo Sardjono di dampingi Sekertaris Daerah Kab Sukabumi mengikuti acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Jabar, Pemkab. Sukabumi, Pemkab. Bogor, Pemkab Bandung Barat, Pemkab Tasikmalaya dan Pemkab. Pangandaran mengenai Pengembangan Kawasan Geopark di Jawa Barat di aula barat Gedung Sate Bandung, Selasa sore (13/11).

    Kesepakatan Bersama tersebut merupakan  tindak lanjut dari Peraturan Gubernur Jawabarat Nomor 72 tahun 2018 tentang pengebangan geopark di Provinsi Jawabarat yang di inisiasi Oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Sukabumi H.Iyos Somantri.

    Gubernur Jawabarat M.Ridwan Kamil menjelaskan bahwa dalam lima tahun kedepan jawabarat ingin memiliki progres yang cukup baik.

     "Koordinasi kerjasama daerah dan juga kesepakatan ini bagi kabupaten yang mempunyai keindahan alam, dan akan kita kembangkan bersama-sama, dalam 5 tahun saya ingin betul-betul membawa Jawa Barat ini mengalami lompatan," jelas kang Emil sapaan akrab Gubernur.

    Gubernur akan  menggunakan sistem birokrasi level ketiga yaitu birokrasi dinamis.

    "Birokrasi dinamis adalah tujuan pembangunan oleh siapa saja yang penting sampe,pada saat APBD tidak cukup jangan menyerah tujuan pembangunan harus tercapai, itulah kenapa kerjasama daerah menjadi penting sekali." terangnya.

    Di tempat yang sama Wakil Bupati Sukabumi H.Adjo Sardjono menyampaikan Apresiasi atas inisiasi yang dilakukan Sekertaris Daerah Kabupaten Sukabumi.

    "Tentu ini menjadi kebanggan mengingat hal ini merupakan inisiasi dari pak sekda (H.Iyos Somantri), Selanjutnya seperti yang di katakan pak  gubernur tadi siang dalam Musrenbang  RPJMD bahwa pak Gubernur akan menjadikan  jawabarat sebagai Icon destinasi wisata," jelas wabup.

    Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Sukabumi H.Iyos Somantri selaku inisiator  menyampaikan rasa syukur atas di laksanakannya memorandum of understanding (MoU ) tersebut.

    "saya bersyukur atas MoU yang telah di tandatangani oleh pak gubernur dengan para bupati,  dan tindak lanjutnya adalah pertama saya tuntaskan dulu Diklat Kepemimpinan saya, selanjutnya akan dilakukan  perjanjian kerjasama  kerjasama, kita kan berkolaborasi penta helix, dimana membutuhkan kerjasama dengan pihak lain terutama dengan pihak swasta dan para pengusaha," jelasnya.

    Menurut Sekda, Kawasan Geopark tidak akan maju jika ditangani oleh pemerintah saja sehingga diperlukan peran dan dukungan dari semua elemen yang disebutnya dengan sinergi penta helix.  

    Diketahui Kolaborasi Penta Helix merupakan kegiatan kerjasama antar lini atau bidang  mulai dari Academic, Business, Community, Government, dan Media, atau lebih dikenal sebagai ABCGM, sistem tersebut diyakini mampu mempercepat pengembangan sektor wisata terutama geopark untuk di jadikan destinasi wisata kelas dunia.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus