Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wabup Sukabumi Berharap Semua Desa Bisa Berprestasi Dan Berinovasi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30868.jpg

    KABSUKABUMI-Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono menghadiri acara penyerahan dan penghargaan Desa terbaik dan pedamping Desa terbaik Nasional tahun 2018.

    Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia di Hotel Sultan Jl.Gatot Subroto Kota Jakarta Pusat, Kamis (29/11).

    Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Eko Putro Sundjojo mengatakan, sesuai amanah UU No 6 dan program Nawacita ke 3 bahwa membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam kerangka Negara Kesatuan, menurut Menteri PDT sejak tahun 2014 pemerintah telah mengucurkan Dana Desa, walupun saat itu indonesia telah menjadi kekuatan ekonomi No 18 di dunia, akan tetapi masih terdapat hampir 30.000 desa tertinggal dan lebih dari 27 juta masyarakat miskin yang mayoritas ada di desa dan 37,2 % anak -anak kita beresiko stunting.

    “Dana Desa hingga saat ini telah banyak membantu memenuhi kebutuhan infrastruktur Desa. Ketersediaan infrastruktur tersebut akan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa melalui inovasi-inovasi baru,” jelasnya.

    Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi H.Adjo Sardjono menyampaikan rasa syukur karena dapat memenuhi undangan dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi RI.

    "Beberapa Desa mendapatkan penghargaan dari prestasi atas percepatan pembangunan, juga atas penggunaan Dana Desa secara efektif untuk pembangunan maupun pemberdayaan Desa," jelasnya.

    Wabup menambahkan, bahwa di kabupaten Sukabumi ada dua desa yang menjadi juara tingkat provinsi hingga tingkat nasional

    "Dua Desa juara tingkat Provinsi yaitu Desa Sukajaya untuk katagori A (kriteria miliki penguatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat) dan Desa Karangpapak untuk Katagori B (kriteria pelaksanaan penggunaan Dana Desa dan Padat Karya Tunai)," terangnya.

    Pemberian penghargaan tersebut dilakukan dalam dua sesi, sesi pertama pengharga diberikan oleh Menteri PDT untuk kategori Desa Inspirasi dan Sesi kedua penghargaan diberikan oleh Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Taufik Madjid kepada 69 Kepala Desa dengan kategori Desa terbaik dan pedamping Desa terbaik Nasional tahun 2018.

    Menurut Wabup, walaupun perwakilan Jawa Barat khusunya dua desa yang berada di Kabupaten Sukabumi tidak diberikan penghargaan langsung oleh menteri namun dirinya bangga karena dua desa tersebut sudah masuk juara.

    "Tadi memang yang maju ke depan hanya untuk juara 1, 2 dan 3, mudah-mudahan ada hikmahnya, dan bisa menjadi motivasi sehingga ke depan Desa yang ada di kita bisa lebih maju lagi dan menjadi perangsang bagi Desa-Desa lain untuk terus berprestasi dan berinovasi," harapnya.

    Menurut Wabup, menjadi juara bukanlah suatu tujuan utama, namun bisa mensejahtrakan rakyat yang berada di wilayah desa menjadikan prioritas utama dalam tujuan pembangunan yang sesunguhnya, Wabup pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada para kepala desa yang telah berjuang untuk membangun desanya hingga menjadi lebih baik.

    Hadir pada kesempatan tersebut para Pejabat Esalon I Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Deputy Pencegahan BNN, Komisioner Ombusman , 69 Bupati dan Wakil Bupati Se Indonesia, 21 kadis PMD Provinsi se Indonesia dan 69 Kepala Desa Se indonesia

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus