Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemilu 2019, Bawaslu Jabar Pantau Ketat ASN

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_31008.jpg

    BANDUNG-Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menaruh perhatian besar terhadap aktivitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Bahkan, pemantauan akan dilakukan hingga media sosial (medsos).

    Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan mengungkapkan, berdasarkan pelaksanaan pesta demokrasi di Jabar, pelanggaran yang dilakukan para abdi negara itu berpotensi besar terulang di Pemilu 2019. 

    "Mengacu pada Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Jawa Barat (2018) kemarin, cukup banyak kasus yang kita temukan. (Pelanggaran oleh ASN) ini merupakan tiga temuan teratas. ASN yang tidak netral juga cukup besar," kata Abdullah kepada wartawan di Bandung, Rabu (12/12/2018).

    Abdullah menegaskan, pengawasan terhadap ASN dalam sebuah pesta demokrasi mutlak dilaksanakan menyusul banyaknya kasus pelanggaran yang dilakukan ASN tersebut. Terlebih, ASN menempati posisi yang strategis dan berpengaruh terhadap jalannya pesta demokrasi.

    "Di Pilgub Jabar (2018) saja, terdapat puluhan kasus pelanggaran yang melibatkan ASN, mulai pejabat pemerintahan hingga aparatur desa," ujarnya.

    Bawaslu Jabar menilai penting sosialisasi pengawasan partisipatif kepada ASN. Melalui sosialisasi tersebut, pihaknya juga mengimbau agar ASN menjaga posisinya dalam Pemilu 2019.

    "Kami imbau ASN tidak mengambil bagian dalam pemenangan, apalagi membuat sebuah keputusan atau kebijakan yang dapat menguntungkan salah satu peserta pemilu," pungkasnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus