Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Stok Bahan Pangan dan Harganya masih Aman

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita

    BANDUNG–Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat Dewi Sartika mengatakan stok kebutuhan bahan pokok di Jawa Barat menjelang akhir tahun masih mencukupi. Demikian pula dengan harga kebutuhan pokok yang masih terkendali dengan baik.

    Diakuinya ada beberapa komoditas yang naik seperti telor ayam dan daging ayam, namun nilai kenaikannya masih dibawah 10 persen sehingga tidak terlalu mengkhawatirkan.

    “Telur dan daging ayam kenaiknnya lebih disebabkan oleh faktor harga pakan ayam yang memang naik. Khususnya harga jagung. Saat ini sudah mencapai 6 ribuan, sebelumnya sekitar 4.500 per kilogramnya,” kata dia disela Rapat Pleno Ketahanan Pangan di Jawa Barat, Senin (17/12).

    Menurut Dewi Sartika, kenaikan harga jagung karena musim panen sudah semakin sedikit sehingga pasokannya menjadi berkurang. Namun demikian berbagai upaya sudah dilakukan untuk memenuhi pasokan pangan ternak, khususnya jagung.

    Terkait keinginan Gubernur Ridwan Kamil untuk bisa memanfaatkan lahan kosong atau lahan tidur, ia mengakui setuju dengan gagasna tersebut. Bahkan dibeberapa pemda sudah memiliki perda terkait pemanfaatan lahan tidur.

    “Kami masih terus inventarisir kemungkinan luas lahan tidur yang bisa dimanfaatkan, baik lahan milik pemerintah atau lahan pribadi,” tegasnya.

    Sebelumnya dalam sambutannya, gubernur berencana untuk memanfaatkan lahan tidur baik miliki pemerintah atau swasta. Tujuannya untuk meningkatkan produksi pangan Jawa Barat ditengah keterbatasan lahan.

    “Komplek perumahan banyak yang belm dibangun. Bertahun-tahun hanya rumput, coba kalau itu ditanami jagung, sayuran dan lainnya. Soal pengairannya nanti akan dipikirkan, ada sistem tanam infus. Di NTB sudah berhasil, Jabar mungkin bisa dicoba,” kata dia. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus