Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tradisi Akhir Tahun Pemkab Purwakarta, Dengan Muliakan Petugas Kebersihan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_31407.jpg

    PURWAKARTA-Pemda Purwakarta memiliki tradisi tahunan setiap malam pergantian tahun baru, yaitu dengan memuliakan para petugas kebersihan.

    Akan tetapi pada pergantian tahun 2019 ini, biasanya dilakukan acara tukar nasib antara pejabat dan petugas kebersihan kali ini dirubah dengan memberikan motivasi serta doorprize hadiah kepada petugas kebersihan.

    Walaupun ada perubahan, acara tersebut nampaknya tetap mendapatkan apresiasi dari petugas kebersihan, salah satunya Dede (39), asal Taman Pahlawan.

    Walaupun tidak ada tukar nasib, tetapi rasa hormat yang diberikan pemda tetap diberikan kepada para petugas kebersihan.

    "Walau konsepnya tidak seperti tahun sebelumnya, tetapi rasa menghargai kepada profesi kami tetap dijaga dan kita mengucapkan terima kasih," ujar Dede yang membawa serta keluarganya, di Sela acara Riung Mungpulung Petugas Kebersihan Se Purwakarta, di Bale Yudhistira Purwakarta. Senin (31/12/2018).

    Sedangkan menurut Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika. Memuliakan petugas kebersihan adalah sebuah tradisi yang harus dijaga, terlebih mereka tetap bertugas di hari libur sekalipun. "Saya sebut petugas kebersihan itu pahlawan kebersihan, disaat yang lain menikmati liburan tetapi melalui pengabdiannya mereka tetap bertugas," ujar Anne di tempat yang sama.

    Terkait perubahan konsep sebelumnya, menurut Anne bukan berarti meninggalkan konsep yang lama, tetapi para petugas tetap mendapatkan jamuan makan, motivasi kerja hingga doorprize berupa hadiah, termasuk menjamin makan ketika bertugas di hari libur tahun baru.

    "Konsepnya kita kemas lagi, mereka kan bertugas malam sampai besok pagi, kita juga jamin konsumsi makanan para petugas sampai besok," ujar mantan mojang Purwakarta 1999.

    Apalagi di malam tahun baru volume sampah sering kali meningkat, sehingga membutuhkan waktu ekstra untuk membersihkan. Di satu titik saja, misalnya di Taman Air Mancur Sri Baduga, jumlah kunjungan mencapai lebih dari 60 ribu orang pada malam tahun baru.

    "Diperkirakan ada 60 ribu yang berkunjung itu disatu titik, kebayang bagaimana volume sampahnya, sudah sepantasnya kita labeli para petugas ini sebagai pahlawan kebersihan," pungkas Anne. Bukan hanya petugas kebersihan, Anne pun memberikan apresiasi kepada para petugas Kesehatan, Keamanan termasuk petugas perhubungan yang masih semangat dalam bekerja.

    "Apresiasi juga kepada Satpol PP, Dishub, kepolisian dan TNI termasuk petugas kesehatan yang senantiasa menjalankan tugasnya walaupun dihari libur," ungkap Anne.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus