Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Mining For Life, Edukasi Pada Masyarakat Tentang Pertambangan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_31466.jpg

    BANDUNG-Sebagai puncak Hari Jadi ke-73 Pertambangan dan Energi Nasional, Indonesia Mining Association (IMA) menggelar event Mining For Life di Museum Geologi, Jl. Diponegoro 57 Kota Bandung, Sabtu (19/1/2019). Adapun rangkaian acaranya sendiri sudah dilaksanakan sejak September 2018 lalu.

    Mining For Life ini diisi dengan serangkain acara yang bisa dinikmati oleh masyarakat Bandung. Diantaranya pameran foto, instalasi, kompetisi media sosial, stand-up comedy, diskusi, kompetisi karya jurnalistik, konser musik, dan video informatif mengenai praktik pertambangan. Selain itu dihadirkan pula sejumlah alat peraga praktik industri pertambangan.

    Ketua Indonesia Mining Association (IMA) Ido Hutabarat mengatakan, Mining For Life ini adalah bentuk lain dari edukasi dan informasi terhadap masyarakat non pertambangan yang kerap mempersepsikan negatif soal kegiatan pertambangan, utamanya lingkungan. "Padahal selama ini masyarakat tersebut sudah sangat akrab dengan hasil-hasil produksi pertambangan, semisal baterai isi ulang, kabel telepon, kaleng-kaleng minuman yang terbuat dari alumunium hingga emas dan perak," katanya.

    Selain itu, manfaat tambang dalam kehidupan sehari-hari juga dapat diamati secara mudah seperti pada produk mineral tembaga yang berlaku sebagai penghantar listrik, produk batu bara sebagai bahan bakar industri, hingga minyak bumi yang merupakan bahan utama penghasil bahan bakar premium, minyak tanah hingga aspal.

    Menurut Ido, masyarakat juga harus tahu bahwa industri pertambangan juga memiliki sisi yang baik, "Semisal penyerapan tenaga kerja yang banyak sehingga meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di sekitarnya secara signifikan," tutur Ido.

    Selain itu, industri pertambangan juga memiliki cara-cara pertambangan, bagaimana pasca tambang reklamasi dengan menggunakan 'good mining practice'. Sektor pertambangan di Indonesia memberikan banyak sekali manfaat, baik untuk kepentingan negara ataupun masyarakat. Berdasarkan data Kementerian Keuangan, realisasi PNBP sektor mineral dan batubara pada Desember 2018 telah mencapai Rp 46,6 triliun. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus