Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Helikopter AKS Buatan PT DI Dilengkapi Sonar dan Terpedo

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_31552.jpg

    BANDUNG–Kekuatan alutsista TNI AL bertambah dengan hadirnya lima unit helikopter AKS atau Anti Kapal Selam buatan PT Dirgantara Indonesia. Helikopter ini akan menjadi alat patroli udara untuk memantau lalu lintas laut.

    Dirut PT DI Elfien Goentoro mengatakan satu unit helikopter AKS akan dilengkapi dengan alat deteksi kapal selam atau sonar. Kemudian akan diberikan pesenjataan lengkap.

    “Sudah dipesan peralatan dan senjata anti kapal selam dari Amerika dan Perancis. Pesawat anti kapal selam ini sejenis dengan helikopter panther AS 565 MBA, yang dibangun bersama antara PT DI dengan Airbus Helikopter,” jelasnya Kamis (24/1).

    Sementara itu Kasum Panglima TNI, Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan mengatakan helikopter AKS nantinya akan dilengkapi dengan sonar pelacak dibawah laut dengan misi khusus mengintai pergerakan kapal selam.

    “Ada sonar dan terpedo yang bisa mengejar kapal selam jika ditembakkan dari helikopter. Sebenarnya satu unit sudah siap, tinggal satu lagi kita tunggu dari PT DI, jadi akan ada dua unit yang konfigurasinya lengkap sebagai anti kapal selam,” tegasnya.

    Dengan adanya pesawat terbaru ini, menurutnya, maka TNI AL akan semakin siap melakukan patroli udara dan pengawasan lalu lintas laut, baik di permukaan dan juga di dalam laut.

    Nilai kontrak pembelian helikopter AKS mencapai 132 juta Euro. Sementara untuk pesawat CN 235 senilai 59 juta dolar AS yang nantinya akan menjadi pesawat pengintai udara TNI AL. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus