Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub: Jaga Bahasa Indung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_31855.jpg

    BANDUNG-Secara serentak di seluruh dunia, hari ini Kamis 21 Februari merupakan Bahasa Ibu yang secara resmi ditetapkan oleh Badan Dunia UNESCO.

    Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, basa ibu atau biasa disebut Basa Indung oleh orang Jawa Barat, yaitu bahasa Sunda harus dijaga dan dipertahankan keberadaannya.

    “Yang namanya bahasa kata orang Sunda, orang tua kita “Ciciren Bangsa” atau ciri seorang bangsa, dia menggunakan bahasa Sunda berarti orang Sunda, dia menggunakan bahasa Arab berarti dia indentik dengan orang negara Arab,” ucapnya

    Oleh karenanya menurut Wagub, dengan bahasa Indung yatu bahasa Sunda ini menurut kami harus dijaga dan dilestarikan keberadaanya.

    “Mohon kepada para orang tua berkomunikasi dirumah dikeluarga, tolongdong pake bahasa Sunda, teu keing pake bahasa Indonesia wae,” kata  Wagub, usai memberikan sambutan di acara Forum Konsultasi Publik dan Pembukaan Rangkaian Musrenbang RKPD Tahun 2020, di Aula Barat Gedung Sate, Kamis (21/02).

    Menurut Wagub, jika bahasa Sunda sudah ditinggalkan oleh orang Sunda sendiri maka kita akan meninggalkan karakter orang Sunda dan dipastikan lambat laun akan punah.

    “Dalam bahasa Sunda, ada bahasa-bahasa yang hanya bisa digunakan untuk tingkatan tertentu dan ada hal-hal yang dibahasa lain tidak ada di Sunda mah aya,” ujarnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus