Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Disparbud Jabar Pagelarkan Kawih ‘Euis Komariah-an’

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG-web.1_2618_.jpg

    BANDUNG – Bertempat di Gedung Kesenian Sunan Ambu kampus STSI Bandung, Disparbud Jabar Jum’at malam (7/10) menggelarkan acara Kawih Gaya Euis Komariah. Dengan dukungan lebih dari 5 juru kawih, sebanyak 15 lagu gaya maestro kawih dan tembang Sunda Euis Komariah (almarhumah). Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat Herdiwan menuturkan, pagelaran itu dimaksudkan untuk melanggengkan gaya kawih Euis Komariah yang sudah diakui sebagai maestro.

    “Kita tahu ibu Euis Komariah sudah tiada, tetapi sebagai seorang maestro, saya ingin gaya lagu dan karya-karyanya tetap ada dan diteruskan pada murid-muridnya, bahkan terus diturunkan pada generasi berikutnya. Nah pagelaran ini dalam rangka penhormatan kita pada beliau, dan sebagai uapaya melanggengkan gaya kawih Euis Komariah sebagai maestro” ujar Herdiwan.

    Herdiwan juga mengatakan, Disparbud Jabar sendiri sudah menginventarisir 13 maestro seni yang akan diperlakukan sama seperti pada Euis Komariah (almarhumah). Diamana karya dan gayanya akan diteruskan pada generasi penerus melalui pelatihan.

    “Kita sudah menginventarisir ada 13 maestro seni dari mulai seni suara, tari, dan lain-lain. Kita ingin hasil karya para maestro ini diturunkan keahliannya pada generasi penerus, agar tidak hilang ditelan jaman. Saya sudah bicara juga pada Kang Uu (Wakil Ketua DPRD Jabar-Red) agar terus dicari para maestro ini, tidak berhenti di 13 saja” katanya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus