Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    2019, Pembangunan Pusat Kebudayaan di Daerah Mulai Direalisasikan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32070.jpg

    BANDUNG-Rencana besar Pemprov Jabar untuk membangun pusat kebudayaan di 27 kabupaten kota akan segera direalisasikan. Tahun 2019 pusat kebudayaan ditargetkan terwujud di 5 kabupaten kota yaitu Sumedang, Subang, Garut, Kabupaten Bandung dan Ciamis.

    "Kita akan menyicil sampai habis masa pemerintahan pak gubernur dan wakil gubernur selama lima tahun ini semua kabupaten kota memiliki pusat kebudayaan. Nah untuk 2019 di lima kabupaten kota itu dulu," ujar Sekretaris Disparbud Jabar Agus Hanafiah dalam acara Japri di Gedung Sate, Selasa (5/3/2019).

    Pembangunan pusat kebudayaan di daerah bétujuan melestarikan kebudayaan-kebudayaan termasuk di dalamnya kesenian tradisional yang ada di wilayah tersebut.

    "Tentu tujuan utamanya adalah pelestarian budaya. Karena di Jawa Barat ini banyak sekali budaya dan kesenian tradisional yang hampir punah. Agar tidak punah harus diberi ruang atraksi. Nah pusat kebudayaan ini salah satu fungsinya adalah ruang atraksi," kata Agus.

    Agus juga menjelaskan alasan pembangunan pusat kebudayaan di daerah, bukan di ibu kota Provinsi.

    "Karena setiap daerah di Jabar memiliki kekhasan dan keunikan masing-masing, dan daerah jugalah yang dianggap paling menegerti dan mengelola kebudayaannya," jelas Agus.

    Dalam program Japri kali ini, selain Sekretaris Disparbud, hadir pula sebagai narasumber, Zaini Alif budayawan dari komunitas Hong yang menjelaskan konten yang akan diterapkan di pusat kebudayaan, dan juga Permana, arsitek pembangunan fisik pusat kebudayaan di Sumedang.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus