Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tingkatkan Literasi, Diskominfo Jabar Gelar Sosialisasi JSH

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32073.jpg

    KAB. GARUT-Sebanyak 120 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Komisi Informasi, Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM), para guru, mahasiswa, sejumlah komunitas serta siswa-siswi Sekolah Menengah Atas/sederajat mengikuti sosialisasi Jabar Saber Hoaks (JSH) yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat.

    Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Citarum eks Kantor Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Wilayah IV, dibuka langsung oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Garut, Nurdin Yana, dengan sejumlah pembicara di antaranya Ketua FK-KIM Kabupaten Garut, Janur M. Bagus, Kepala Divisi Klarifikasi dan Diseminasi JSH, Alfianto Yustinova dan Deni Yudiawan dari Pikiran Rakyat.

    Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Dedi Dharmawan mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu upaya untuk mengeliminasi terjadinya berita maupun informasi yang belum tentu kebenarannya atau hoax.

    "Tugas JSH berupaya untuk mengeliminasi adanya terjadinya berita hoax yang ada di Jabar, yang melibatkan orang Jabar," ucap Dedi, saat sosialisasi JSH di eks Kantor BKPP Wilayah IV  Kab. Garut, Rabu (06/03).

    Menurut Dedi, JSH memiliki tugas untuk memverifikasi segala bentuk informasi maupun berita yang beredar di masyarakat melalui sejumlah media, khususnya media sosial yang dinilai telah meresahkan masyarakat.

    "JSH dibentuk untuk meningkatkan literasi digital serta sikap kritis masyarakat terhadap keberadaan berita bohong," katanya.

    Dedi menyatakan, kegiatan sosialisasi ini akan dilakukan di 12 kota dan kabupaten di Jawa Barat, dan Kabupaten Garut menjadi tempat kedua dilaksanakannya sosialisasi ini. Dedi berharap, melalui kegiatan ini pemahaman masyarakat Jawa Barat terhadap berbagai berita maupun informasi hoax bisa lebih luas.

    "Kita harap yang hari ini hadir dan paham tentang hoax bisa menyampaikannya kepada yang lain sehingga akan banyak masyarakat yang paham apa itu berita hoax," tuturnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus