Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kementerian BUMN Dorong Terus Reakfivasi Jalur KA di Jabar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32094.jpg

    BANDUNG-Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan terus mendorong dibukanya kembali jalur-jalur kereta api yang ada di wilayah Jawa Barat menyusul terus meningkatnya jumlah penumpang kereta.

    Menteri BUMN Republik Indonesia, Rini M Soemarno mengatakan, berdasarakan data jumlah penumpang kereta api pada tahun 2018 lalu sudah mencapai lebih dari 425 juta penumpang atau mengalami kenaikan dibanding tahun 2018 lalu.

    “Kita harus banyak lagi jalur-jalur kereta yang tadinya mati kita reaktivasi, karena masyarakat sekarang itu meminati untuk naik kereta karena kereta itu aman, nyaman dan juga tepat waktu,” ucapnya.

    Rini mengharapkan, dengan dibukanya kembali jalur kereta api ini, jumlah masyarakat yang menggunakan moda kereta api ini akan meningkat tajam seiring dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan jika kita menggunakan kereta api.

    “Ruas jalan saat ini sudah cukup padat dengan kendaraan sehingga kemacetan sering terjadi,” kata Rini, dalam acara HUT ke-21 BUMN di Soreang, Minggu (10/03).  

    Rini juga mengakui bahwa banyak tempat-tempat di Jawa Barat yang menjadi obyek wisata yang sebelumnya dilalui oleh jalur kereta api, seperti Pangandaran, Garut hingga Ciwidey.

    “Banyak daerah-daerah yang kita anggap di Jabar ini yang sangat “cantik” untuk wisata, seperti ke Garut, Pangandaran, Ciwidey, dan nanti ini kereta bisa kembali melaluinya,” ucapnya.

    Rini berharap, akhir tahun 2019 ini, segala urusan dengan uang penggantian serta penertiban bangunan sudah bisa selesai dilakukan sehingga ke depan fokus untuk pembangunan jalur.

    “Bandung Ciwidey baru pemetaan karena jalur ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bangunan rumah maupun kegiatan lain, karenanya kita harus berkomunikasi dengan masyarakat sehingga mereka mendapatkan solusi yang baik,” tuturnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus