Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kemendag Targetkan IKM Capai Indeks 45

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32178.jpg

    BANDUNG–Kementerian Perdagangan RI tahun ini menargetkan ada peningkatan indeks Keberdayaan Konsumen (IKM) sebesar 45 persen. Saat ini meurutnya IKM itu masih berada pada level 40 persen.

    “IKM atau Indeks Keberdayaan Konsumen adalah indeks terkait kemampuan konsumen dalam menggunakan haknya terkait pelayanan barang dan jasa. Tahun ini targetnya mencapai 45 persen,” ujarnya di Bandung, Rabu (20/3).

    Dibandingkan dengan negara lain, misalnya saja Malaysia, IKM di Indonesia masih dibawahnya. Malaysia saat ini tercatat memiliki IKM sebesar 57 persen. Meski demikian, IKM Indonesia saat ini menunjukan jika konsumen Indonesia sudah mampu dalam menyampaikan haknya.

    “Sudah mampu, tapi masih banyak yang abai dan memilih mengalah,” katanya.

    Dinegara maju, masyarakat tidak segan untuk komplain jika pelayanan dirasakan tidak baik. Misalnya jika barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang ditawarkan, maka akan mengajukan keberatan. Cara ini menurut menteri akan membuat produsen menjadi lebih menghargai konsumen dan lebih bertanggungjawab.

    Ia menambahkan tahun  2018 Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) hanya menerima 564 pengaduan dari masayarakat. Membandingkan dengan Singapura tahun lalu, lembaga perlindungan konsumen negara tersebut telah menerima sebanyak 16.090 aduan masyarakat.

    Penyebabnya, bisa jadi karena proses penyelesaian pengaduan di Indonesia masih rumit dan lama. Sehingga ia berharap produsen akan semakin memperhatikan hak konsumen terutama pada layanan purna jualnya.

    “Pemerintah mencoba membantu dengan membuat klinik pengaduan konsumen dan memperbanyak unit kantor metrologi, sebagai perlindungan terkait timbangan,” tuturnya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus