Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ridwan Kamil Dukung Ki Bagus Rangin jadi Pahlawan Nasional RI

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32186.jpg

    BANDUNG–Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku cukup sedih dengan artefak sejarah yang ada di Jawa Barat yang terlihat kurang terurus. Saat menjadi Walikota Bandung, ia mengaku terus berupaya untuk memperbaiki sejarah tersebut.

    “Jalan Banceuy saya kasih nama Jalan Sukarno, terus penjara banceuy yang tadinya kumuh sudah dipercantik, sehingga jadi tujuan wisata. Dan banyak jalan-jalan lain yang akan kita perbaiki,” ujarnya di Gedung Sate, saat membuka Seminar Nasional Pengusulan Ulang Bagus Rangin Sebagai Pahlawan Nasional, Kamis (21/3).

    Ia mengatakan pahlawan telah memberikan banyak hikmah pada kesehariannya. Pahlawan telah memberikan contoh pentingnya persatuan bangsa.

    “Hikmah saat ini, kenapa penjajah mudah memecah belah kita, karena memang mudah dipecah belah. Hari ini kondisinya masih sama. Kenapa belum maksimal majunya. Sebab gampang sekali terprovokasi, lewat medsos dan lainnya,” kata dia.

    Saat ini, menurutnya, musuh terbesar persatuan adalah kebencian. Ia mengambil contoh penembakan di New Zeland disebabkan oleh kebencian.

    “Jadi musuh kita bukan antar negara tapi soal keyakinan dan kebencian,” ujarnya.

    Terkait Bagus Rangin, menurutnya penghagaan sudah diberikan dengan menempatkan namanya pada sebuah jalan di Kota Bandung. Penghargaan nama pahlawan di nama jalan adalah salah satu jenis penghargaan sekaligus memberitahukan keberadaannya kepada masyarakat.

    Di Jawa Barat sendiri saat ini sudah ada 13 pahlawan yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional, jika Bagus Rangin disetujui maka akan ada 14 pahlawan nasional yang berasal dari Jawa Barat.

    “Sudah ada lima pahlawan yang menjadi nama jalan, nanti akan kita cari jalan yang sesuai untuk nama pahlawan lainnya,” tandas gubernur. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus