Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jelang Pencoblosan, Bima : Jaga Kerukunan, Kebersamaan dan Tangkal Hoax

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32300.jpg

    BOGOR-Guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) serentak tahun 2019 17 April nanti, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi di Gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB), jalan Pajajaran Nomor 10, Kamis (14/03/2019) pagi. 

    Kegiatan sosialisasi pemilu serentak tahun 2019 ini diikuti oleh kurang lebih 100 peserta yang merupakan perwakilan para Ketua RT dari setiap Kelurahan se-Kota Bogor. Wali Kota Bogor Bima Arya membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut. 

    Dalam arahannya, Bima menyampaikan tiga hal penting guna terciptanya pemilu serentak tahun 2019 yang damai dan kondusif di Kota Bogor ini. Tigal hal itu, yakni masyarakat harus tetap menjaga kerukunan dan kebersamaan antar warga agar tetap guyub meskipun beda pilihan politik, masyarakat harus mengetahui tahapan pemilu dan tata cara pencoblosan, mendorong partisipasi pemilih agar menggunakan hak pilihnya. 

    "Pemilu serentak tahun 2019 ini agak berbeda tensinya. Karena dimana kandidatnya hanya dua. Menurut Ilmu Politik, kandidat yang hanya dua ini memicu tensi yang lebih kuat dari biasanya. Oleh karena itu, masyarakat di bawah harus bisa terus menjaga kebersamaan agar tetap guyub meskipun beda pilihan politik," ujar Bima. 

    Selain itu, di tahun politik ini Bima meminta agar masyarakat bisa lebih cerdas dalam menerima dan menyaring informasi. Hal itu disampaikan karena sering munculnya informasi yang tidak benar (hoax) di media sosial menjelang hari pencoblosan.

    "Saya juga kena hoax. Beberapa minggu lalu ada foto saya yang mendadak viral di WA grup bersama Pak Presiden sedang bagi-bagi sembako, padahal itu foto tahun 2016. Hal ini akan semakin banyak menjelang pencoblosan nanti. Jadi penyebar hoax ini yang harus kita lawan, makanya harus diantisipasi dari sekarang, salah satu caranya dengan tabayyun (mencari kejelasan informasi)," kata Bima. 

    Selain Bima Arya, turut hadir pula Komandan Kodim (Dandim) 0606 Kota Bogor Letkol CZI Aji Sujiwo sebagai narasumber. Dalam kesempatannya, dia menyampaikan materi kepada peserta tentang peran masyarakat menjaga keutuhan NKRI melalui partisipasi aktif dalam menyukseskan Pemilu serentak tahun 2019 yang aman dan damai di Kota Bogor. 

    Kemudian, rangkaian kegiatan dilanjutkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor Syamsudin. Dalam sosialisasi tersebut ia menjelaskan terkait tahapan pemilu serentak tahun 2019 dan tata cara pencoblosan. (Alif/Indra/Magang: Kintan/Zakia-SZ)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus