Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Susun Renstra dan Renja, BKPSDA Kota Bogor Gelar Diklat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32319.jpg

    BOGOR-Sebanyak 40 peserta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) di Hotel Asana Grand Pangrango, Jalan Pajajaran, Senin (18/3/2019).

    Kegiatan yang digelar Badan Kepegawain dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Kota Bogor ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam menyusun Renstra dan Renja di tingkat OPD demi terwujudnya visi misi Wali Kota Bogor dan Wakil Wali Kota Bogor 2020-2024.

    “Jadi semuanya fokus ke arah visi misi di periode kedua ini dalam mewujudkan Bogor Kota Ramah Keluarga,” ujar Kepala Sub Bidang Diklat Teknis dan Fungsional BKPSDA Kota Bogor, Indra Permana.

    Indra mengatakan, renstra dan renja ini merupakan tolak ukur Pemkot Bogor dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) lima tahun kedepan. 

    “Melalui diklat selama lima hari kedepan ini, diharapkan peserta mampu belajar dengan baik bagaimana menjabarkan visi misi ke dalam renstra dan renja di masing-masing OPD-nya. Jadi nanti implementasinya dalam bentuk kegiatan yang mengacu pada visi misi,” jelasnya.

    Dalam arahannya Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, tahapan pembangunan diawali dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. “Jika dari perencanaan sudah gagal, maka akan semua akan gagal,” tandas Bima.

    Menurutnya, kegagalan perencanaan seringkali terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari salah menerjemahkan visi misi dan kurangnya kapasitas serta kreatifitas menyesuaikan visi misi.

    “Saya berikan beberapa point penting dalam menyusun perencanaan. Lakukan diskusi dengan dinas terkait, berkolaborasi tidak saja secara internal tetapi juga dengan pihak luar, lakukan akselerasi, inovasi dan saya ingin periode ini semakin progresif,” pungkasnya. (fla/indra/pri)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus