Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    1.000 peserta Ikuti e-Smart IKM Go Digital 2019

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32341.jpg

    BOGOR-Sebanyak 1.000 peserta menghadiri acara e-Smart IKM dengan tema “IKM Go Digital” yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia di IPB International Convention Centre (IICC) Botani Square, Kota Bogor, Kamis (21/03/2019).  Tidak hanya dari Kota Bogor, para peserta banyak yang berasal dari wilayah Jabodetabek serta wilayah lainnya, seperti Cianjur, Sukabumi dan wilayah lainnya di Jawa Barat.

    Para peserta yang hadir diajak berkolaborasi dengan 17 pelaku usaha dan teknologi seperti marketplace besar di Indonesia, logistik, perbankan, financial technology dan information technology yang dikemas dalam konsep pameran, talkshow dan workshop. 

    Saat ini, dunia telah memasuki era digital economy, di mana model bisnis yang banyak dijalankan adalah berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Untuk itu Kementerian Perindustrian gencar mendorong pelaku industri kecil dan menengah (IKM) dalam negeri agar segera memanfaatkan teknologi digital sehingga mampu berdaya saing global. Langkah strategis ini sesuai dengan implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0.

    “Upaya pengembangan IKM melalui pemanfaatan teknologi digital ini untuk memacu IKM nasional berperan pada penerapan revolusi industri 4.0. Kedepannya, investasi bisnis akan cenderung mengarah kepada aktivitas usaha dengan platform yang kita kenal dengan istilah industri 4.0,” kata Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto. 

    Airlangga meyakini, penggunaan teknologi era revolusi industri 4.0 akan mampu mendongkrak produktivitas industri manufaktur secara efisien, termasuk sektor IKM. Bahkan, produk-produk yang dihasilkan bakal lebih kompetitif dan inovatif.

    Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan, sepanjang tahun 2017, pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 juta jiwa atau setara dengan 54,68 persen dari jumlah penduduk yang mencapai 262 juta orang.

    “Penetrasi penggunaan internet itu diharapkan juga dimanfaatkan untuk usaha-usaha produktif yang mendorong efisiensi dan perluasan akses pasar seperti jual beli online,” ujar Airlangga.

    Kemudian didukung pula dengan pengguna aktif smartphone di Indonesia yang terus tumbuh, dari 38,3 juta orang di tahun 2014 menjadi 103 juta orang pada 2018.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus