Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    TPID Lakukan Berbagai Langkah Kendalikan Inflasi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32353.jpg

    BANDUNG-lnflasi di Jawa Barat pada Februari 2019 tercatat pada level 2,61% (yoy) terkendali dalam kisaran sasaran inflasi nasional tahun 2019 sebesar 3,5%:t1% (yoy). Masih terkendalinya inflasi Jawa Barat dipengaruhi oleh deflasi yang terjadi pada kelompok Bahan Makanan (antara lain bawang merah) serta deflasi pada kelompok Transpor akibat adanya penurunan harga BBM non subsidi pada pertengahan Februari 2019.

    Secara spasial, kota Bekasi masih menjadi kota dengan inflasi tahunan tertinggi pada Februari 2019 sebesar 3,52% (yoy); menyusul di bawahnya yaitu kota Bandung (2,69% yoy) dan Bogor (2,63% yoy). Ketiga kota tersebut memiliki karakteristik yang serupa yaitu merupakan kota konsumen dan bukan kota produsen.

    “Pengendalian inflasi di ketiga wilayah ini selanjutnya akan menjadi fokus perhatian dari TPID Provinsi Jawa Barat pada tahun 2019 antara lain melalui usulan penguatan peran institusional berupa pembentukan BUMDes Pangan dengan BUMD Pangan sebagai holding companynya serta penguatan kerjasama antar daerah,” ujar Kepala Perwakilan BI Jabar Doni P Joewono di kantonrya, Senin (25/3).

    Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh TPID Provinsi Jawa Barat pada triwulan I 2019 ini dalam rangka pengendalian inflasi di Jawa Barat. Beberapa kegiatan tersebut antara lain penyelarasan program kerja dan roadmap pengendalian inflasi melalui rapat koordinasi TPID Jabar dengan TPID 7 kota IHK se-Jabar.

    Diskusi mendalam dengan Kepala Daerah dan TPID di 7 kota perhitungan inflasi terkait strategi pengendalian inflasi serta studi banding pengembangan ayam ras petelur di Kab. Blitar sebagai salah satu upaya untuk mengendalikan tekanan inflasi dari komoditas telur ayam ras.

    “Telor Jabar itu dikirim dari Blitar, jadi rentan inflasi, apalagi jelang Ramadhan. Kedepan akan mendorong peternak di Ciamis dan Cianjur. Pakan akan dibuat di Garut, dimana akan diperbanyak tanaman jagung untuk pakan ternaknya,” kata dia.

    Ke depan, Bank Indonesia akan tetap konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah. untuk mengendalikan inflasi tetap rendah dan stabil dalam kisaran sasaran 3,5%:e:1% (yoy). jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus